News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

HUT Kemerdekaan RI

Megawati dan SBY Dipastikan Tidak Hadiri Upacara HUT ke-79 RI di IKN, Ini Alasannya

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Nanda Lusiana Saputri
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri dan Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Megawati dan SBY dipastikan tidak menghadiri upacara HUT ke-79 RI karena mereka telah memiliki agenda lain.

TRIBUNNEWS.COM - Presiden ke-5 dan ke-6 RI yaitu Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dipastikan tidak bisa memenuhi undangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk hadir dalam upacara HUT ke-79 RI yang digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Adapun Megawati tidak bisa hadir karena akan menjadi inspektur upacara di Sekolah Partai PDIP di Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

"Ibu Mega diagendakan untuk mimpin upacara 17-an di sekolah partai," kata Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Selatan, Selasa (13/8/2024).

Dia mengungkapkan ketidakhadiran Megawati ke upacara HUT RI di IKN merupakan aspirasi kader partai.

"Ya itu permintaan dari bawah supaya Irupnya (Inspektur Upacara) langsung Ibu Mega," jelas Djarot.

Sementara, ketidakhadiran SBY karena sudah ada agenda lain yang dijadwalkan sejak jauh hari.

Menteri ATR/BPN sekaligus Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyebut ayahnya akan melakukan upacara di kampung halaman di Pacitan, Jawa Timur.

"Beliau (SBY) sudah ada kegiatan yang direncanakan jauh-jauh hari juga. Upacaranya di Pacitan, di kampung halaman," kata AHY saat ditemui usai Sidang Kabinet Paripurna di Istana Garuda, IKN pada Senin (12/8/2024).

Namun, AHY tidak menjelaskan secara detail konsep upacara yang bakal dihadiri SBY di Pacitan.

Baca juga: Megawati Dipastikan Tak Hadiri Upacara HUT RI di IKN

Lalu, ketika ditanya terkait ada atau tidaknya undangan ke SBY dari Istana untuk menghadiri upacara HUT RI di IKN, AHY tidak memberi jawaban.

Sebelumnya, Istana mengungkapkan telah mengirimkan undangan ke Megawati dan SBY untuk menghadiri upacara HUT ke-79 RI di IKN.

"Rencana hari ini untuk para mantan presiden dan wapres akan segera dikirim unadngannya," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, M Yusuf Permana, Kamis (8/8/2024).

Setelah undangan dikirimkan, Yusuf mengatakan pihak Istana akan meminta konfirmasi kehadiran dari Megawati dan SBY.

"Kami juga akan meminta atau memohon konfirmasi kehadiran beliau sehingga kami dapat mengatur rencana penampilan beliau dengan sebaik-baiknya," katanya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini