News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Haidar Alwi Imbau Masyarakat Tidak Terpengaruh Narasi yang Bernada Negatif Terkait Polri

Penulis: Erik S
Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dengan Pendiri Haidar Alwi Institute (HAI), R Haidar Alwi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pendiri Haidar Alwi Institute (HAI), R Haidar Alwi menanggapi penilaian negatif sejumlah pihak terkait citra kepolisian.

R Haidar Alwi mengatakan yang diviralkan di media sosial cenderung pada hal-hal negatif yang berkaitan dengan ulah oknum maupun pernyataan pihak-pihak yang tidak puas karena kalah dalam perkara tertentu.

Sedangkan prestasi Polri tidak mendapatkan atensi atau diabaikan begitu saja.

Hal itu, menurut R Haidar Alwi, karena masyarakat lebih suka melihat satu kekurangan dibandingkan seribu prestasi.

"Penilaian negatif terhadap Polri lahir dari mereka yang berasumsi berdasarkan apa yang viral di medsos. Dan mayoritas yang viral itu adalah negatif. Sementara positifnya dikesampingkan. Padahal, dalam angka dan fakta, citra Polri jauh lebih baik dari di medsos. Akurat mana asumsi sebelah mata atau angka dan fakta?" Kata R Haidar Alwi, Rabu (14/8/2024).

Ia menjelaskan, dalam angka dan fakta, citra Polri di masyarakat semakin baik. Sesuai dengan dua hasil survei Litbang Kompas belum lama ini yang terkenal independen.

Survei Litbang Kompas menunjukkan citra positif Polri naik sebesar 1,5 persen dalam kurun waktu enam bulan.

Dari 71,6 persen pada akhir 2023 menjadi 73,1 persen pada pertengahan 2024. Bahkan, Polri menjadi salah satu lembaga negara dengan citra positif tertinggi setelah TNI.

Polri mengungguli Kejaksaan, Mahkamah Agung, KPK, Mahkamah Konstitusi, DPR dan DPD RI.

"Ini membuktikan bahwa meski digoyang dan diserang dari manapun, Polri tetap bekerja dengan baik dan semakin dipercaya oleh masyarakat," kata R Haidar Alwi.

R Haidar Alwi memandang, serangan terhadap Polri tidak hanya datang dari luar, seperti dari 'haters' dan pihak-pihak yang tidak puas karena kalah dalam kasus tertentu.

Akan tetapi juga serangan yang datang dari dalam institusi Polri itu sendiri. Serangan dari dalam ini jauh lebih berbahaya daripada serangan dari luar.

"Bukan ulah oknum nakal, bukan. Tapi saya menengarai ada upaya merusak citra Polri. Gegabahnya, upaya ini dilakukan secara terbuka. Tujuannya mengincar kursi Kapolri untuk menggantikan Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Ini keliru karena menjadi duri dalam daging," ungkap R Haidar Alwi.

Oleh karena itu, R Haidar Alwi meminta Polri agar tetap solid, bersaing secara sehat dan menjaga nama baik institusi. Mengingat, tantangan yang dihadapi Polri saat ini maupun di masa depan akan semakin berat.

"Sulit untuk memenangkan pertarungan di luar jika pada saat yang bersamaan harus menghadapi pertarungan dari dalam," kata R Haidar Alwi.

Di samping itu, masyarakat diharapkan tidak mudah terpengaruh oleh isu-isu dan narasi-narasi yang bernada negatif terkait Polri.

Kata Haidar, tidak sedikit di antaranya diviralkan dengan maksud merusak citra Polri.

Baca juga: Tanggapi Megawati, Haidar Alwi: Pro Kontra Akan Lahirkan Bentuk Terbaik Revisi UU TNI-Polri

"Penilaian yang sehat adalah penilaian yang bukan berdasarkan kebencian dan hanya dari satu sisi semata. Cek dulu dari dua sisi, positif dan negatif. Bandingkan dengan data dan fakta. Itu baru masyarakat modern yang cerdas," pungkas R Haidar Alwi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini