News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kunjungan Paus Fransiskus

Tiba di Indonesia Paus Fransiskus Akan Dijemput Menag Yaqut

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Anita K Wardhani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Paus Fransiskus tersenyum saat menaiki pesawat komersial berangkat dari Roma Italia ke Indonesia. Kedatangan pemimpin gereja Katolik Roma tersebut di Bandara Soeta akan disambut oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas.

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemimpin tertinggi umat Katolik dunia Paus Fransiskus akan tiba di Indonesia pada hari ini, Selasa, (3/9/2024).

Paus dijadwalkan tiba sekitar pukul 10.30-11.00 WIB di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang, Banten.

Baca juga: Jokowi: Selamat Datang yang Teramat Mulia Sri Paus Fransiskus ke Indonesia

Kedatangan pemimpin gereja Katolik Roma tersebut di Bandara Soeta akan disambut oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas.

"Pak Menteri Agama (jemput)," kata Retno di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, (3/9/2024).

Sementara itu kata Retno dirinya akan mendampingi Paus dalam sejumlah kegiatan di Indonesia. Salah satunya saat bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta.

"Saya besok akan mendampingi di pertemuannya," katanya.

Baca juga: Panduan Misa Agung Paus Fransiskus di GBK, 5 September 2024, Cek Akses Masuk dan Denah Tempat Duduk

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut hangat kedatangan pemimpin tertinggi umat Katolik dunia Paus Fransiskus ke Indonesia. Paus dijadwalkan akan tiba di Indonesia sekitar pukul 10.30-11.00 WIB di Bandara internasional Soekarno-Hatta Tangerang, Banten, Selasa, (3/9/2024).

"Saya atas nama rakyat Indonesia menyambut hangat dan terimakasih atas kunjungan yang teramat mulia Paus Fransiskus ke Indonesia, selamat datang yang teramat mulia Sri Paus Fransiskus ke Indonesia," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa, (3/9/2024).

Menurut Presiden kedatangan pemimpin Gereja Katolik Roma tersebut ke Indonesia merupakan kunjungan yang bersejarah.

"Ini adalah kunjungan yang sangat bersejarah sudah direncanakan beberapa tahun lalu tapi tertunda karena pandemi Covid-19," katanya.

Presiden mengatakan kunjungan Paus ini merupakan kunjungan ketiga setelah sebelumnya Paus Paulus ke-6 datang ke Indonesia pada 1970 silam dan Paus Yohanes Paulus ke-2 pada 1989.

Untuk diketahui kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia ini merupakan bagian dari perjalanan Kerasulan ke-45 Paus.

Pesawat yang ditumpangi Paus bertolak dari Bandara Fiumicino Roma pada pukul 17.32Waktu setempat. Paus rencananya akan mengunjungi empat negara negara dalam 12 hari perjalanan, diantaranya Indonesia, Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura.

Dalam penerbangan 13 jam dari Italia ke Indonesia dengan jarak 11.351 kilometer tersebut Paus menggunakan pesawat komersil bukan jet pribadi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini