News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Korupsi di PT Timah

DPR Kembali Singgung Sosok Diduga Beking Korupsi Tambang Timah yang Belum Tersentuh, Apakah RBS?

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ada satu aktor yang diduga masih belum tersentuh meskipun sudah lama menjadi beking tambang timah di Indonesia. Sosok tersebut kembali disinggung oleh Anggota Komisi III DPR RI, Benny K Harman saat rapat kerja Jaksa Agung RI ST Burhanuddin bersama Komisi III DPR RI di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (4/9/2024).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kasus mega korupsi PT Timah Tbk periode 2015-2022 yang merugikan negara Rp 271 triliun masih belum berakhir.

Ada satu aktor yang diduga masih belum tersentuh meskipun sudah lama menjadi beking tambang timah di Indonesia.

Sosok tersebut kembali disinggung oleh Anggota Komisi III DPR RI, Benny K Harman saat rapat kerja Jaksa Agung RI ST Burhanuddin bersama Komisi III DPR RI di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (4/9/2024).

Namun, dia enggan membongkar sosok yang masih belum tersentuh tersebut.

Baca juga: Kesaksian Eks Pegawai PT Timah, Mengaku Dipecat Usai Endus Kejanggalan Hingga Dituding Ubah Dokumen

"Ada pertanyaan ada satu (pelaku--Red) yang belum bapak sentuh. Kita tunggu, mudah-mudahan sebelum tanggal 20 Oktober bapak lakukan itu," kata Benny dalam paparannya.

Politikus Partai Demokrat itu pun memahami tidak menangkap sosok itu lantaran memiliki kekuatan yang besar.

Akan tetapi, ia pun selalu berharap Jaksa Agung memiliki keberanian untuk menyeret pelaku ke ranah hukum.

"Tiap malam saya pasang lilin keadilan, mudah-mudahan bapak Jaksa Agung sehat dan tambah lagi sedikit keberaniannya untuk menyentuh yang satu itu. Itu yang kita tunggu," jelasnya.

Namun demikian, Benny tetap mengapresiasi langkah Jaksa Agung yang sudah berani membuka korupsi tambang timah. Padahal selama ini, tidak ada satu pun penegak hukum yang berani untuk menyolek kasus tersebut.

"Kasus timah itu kan berkali-kali tumbang terus. KPK tumbang, Jaksa Agung tumbang, polisi apalagi, tapi di zaman bapak, bapak lakukan itu. Dan apa yang menjadi kecemasan pada saat itu adalah bapak alami, bapak dikepung. Yang mengepung bapak itu aneh bagi saya, polisi juga," jelasnya.

Benny berharap nantinya Jaksa Agung bisa mengungkap secara terbuka untuk menjelaskan ke publik mengenai tekanan dalam pengusutan kasus tersebut.

Baca juga: Kubu Harvey Moeis Jelaskan Fakta di Balik Kerja Sama PT Timah dan Smelter

Apalagi, korupsi timah memang sudah dikenal lama ada oknum yang membekingi agar tidak dibongkar penegak hukum.

"Sudah lama kasus timah ini ada bekingnya. Bapak sekali lagi luar biasa, mampu itu, saya ingin belajar itu. Bapak mungkin sewaktu waktu bisa menyampaikan sampai punya sikap keberanian luar biasa semacam itu," jelasnya.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini