News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Mahasiswa Diajak Aktif Ciptakan Solusi yang Berdampak Positif Bagi Sosial dan Lingkungan

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

ILUSTRASI Program Green Innovation Hub dalam kerangka Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) melalui skema magang,

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Padjadjaran (Unpad) melaksanakan Green Innovation Hub di Kabupaten Cirebon dalam kerangka Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Kegiatan yang menggandeng Inovasi Muda Foundation ini bertujuan mengembangkan solusi inovatif dengan melibatkan mahasiswa dalam masyarakat untuk mendukung pendidikan aplikatif.

Melalui skema magang, di mana mahasiswa terlibat selama empat bulan dari September hingga Desember 2024.

Para mahasiswa akan berpartisipasi dalam riset perencanaan yang mencakup pemetaan sosial, implementasi program hingga evaluasi dampak sosial menggunakan metode Social Return on Investment (SROI).

Kegiatan ini juga dirancang untuk meningkatkan kapasitas mahasiswa dalam pengelolaan proyek pengembangan masyarakat, serta memperkaya literatur akademik melalui publikasi ilmiah.

Program ini diharapkan dapat menciptakan model kolaborasi yang efektif antara institusi pendidikan dan masyarakat lokal dalam mengembangkan solusi yang inovatif dan berkelanjutan.

"Kolaborasi ini merupakan langkah strategis untuk memberdayakan mahasiswa dan masyarakat dalam menciptakan solusi yang berdampak positif bagi lingkungan dan sosial," kata Restu Andini, Executive Director of Inovasi Muda Foundation dalam keterangannya, Rabu (4/9/2024).

Mahasiswa yang ikutserta akan mendapatkan konversi 20 SKS sesuai dengan skema MBKM terintegrasi dengan kurikulum Prodi Sosiologi FISIP Unpad.

Melalui kegiatan ini, diharapkan tercipta sinergi yang berkelanjutan dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk praktisi, akademisi, dan pemerintah, dalam upaya bersama menciptakan dampak sosial yang nyata dan berkelanjutan.

Baca juga: Unpad Buka Seleksi Mandiri Tahap II Program S1 Kampus Pangandaran, Bisa Pakai Nilai UTBK

"Kami berharap dapat mendorong inovasi yang berkelanjutan dan menciptakan perubahan yang nyata di Kabupaten Cirebon," ucapnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini