News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kunjungan Paus Fransiskus

Kagum Keragaman Indonesia, Paus Fransiskus: Terima Kasih Senyum Ramahnya, Maju Bhinneka Tunggal Ika

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Anita K Wardhani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Paus Fransiskus memberi isyarat saat berpidato di Grha Pemuda Youth Centre di Jakarta pada 4 September 2024. (Photo by Tatan SYUFLANA / POOL / AFP)

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemimpin umat Katolik dunia, Paus Fransiskus, mengucapkan terima kasih kepada bangsa Indonesia.

Hal ini diucapkan Paus Fransiskus saat melawat ke Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (5/9/2024).

Baca juga: Temui Kaum Disabilitas dan Orang Tua Rentan, Sekretaris KWI: Paus Pesan Mereka Tak Boleh Ditinggal

Menurut Paus Fransiskus, Indonesia merupakan negara yang besar dengan keberagaman yang sangat kaya.

"Terima kasih atas perjalanan bersama yang kalian teruskan. Indonesia adalah negara besar, mosaik budaya, suku bangsa, adat istiadat, keberagaman yang sangat kaya, yang tercermin pula dalam keanekaragaman ekosistem dan lingkungan sekitarnya," ujar Paus Fransiskus.

Paus Fransiskus mengatakan Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah.

Baca juga: Istri Gus Dur Sinta Nuriyah hingga JK Ikuti Pertemuan Bareng Paus Fransiskus di Masjid Istiqlal

Meski begitu, Paus Fransiskus menilai kekayaan yang sebenarnya dimiliki oleh bangsa Indonesia, adalah kerukunan dan sikap saling menghormati.

"Dan jika benar kalian adalah tuan rumah tambang emas terbesar di dunia, ketahuilah bahwa harta yang paling berharga adalah kemauan agar perbedaan tidak menjadi alasan untuk bertikai, tetapi diselaraskan dalam kerukunan dan rasa saling menghormati. Jangan sia-siakan anugerah ini," tutur Paus Fransiskus.

Paus Fransiskus dan Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar meninjau Terowongan Silaturahim di Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (5/9/2024) (Tribunnews.com/fahdi fahlevi)

Dirinya mengingatkan agar bangsa Indonesia tidak memiskinkan diri dari kekayaan yang besar ini.

Seluruh nilai kerukunan dan keragaman, menurut Paus Fransiskus, harus dikembangkan dan diwariskan kepada kaum muda.

"Semoga tidak ada seorang pun yang terjerumus dalam pesona fundamentalisme dan kekerasan, semoga semua orang justru terpesona oleh impian sebuah masyarakat dan kemanusiaan yang bebas, bersaudara, dan damai," ucap Fransiskus.

Selain itu, dirinya juga berterimakasih atas keramahan bangsa Indonesia. Paus Fransiskus mendoakan agar bangsa Indonesia dapat melestarikan keramahan dan keragamannya.

"Terima kasih atas senyum ramah Anda, yang selalu terpancar di wajah Anda dan merupakan tanda kecantikan dan keterbukaan batin Anda. Semoga Allah melestarikan anugerah ini. Dengan pertolongan dan berkat-Nya, maju terus, Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Terima kasih," pungkas Paus Fransiskus.

Dalam lawatannya ke Masjid Istiqlal, Paus Fransiskus menyempatkan mengunjungi Terowongan Silaturahim yang menghubungkan Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini