News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pemerintahan Jokowi Berakhir

Pernyataan Lengkap Presiden Jokowi saat Sidang Kabinet Paripurna Terakhir di IKN, Sampaikan Maaf

Penulis: Rifqah
Editor: Garudea Prabawati
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin sidang kabinet paripurna di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim), pada, Jumat, (13/9/2024). (Sekretariat Presiden). - Inilah pernyataan lengkap Presiden Jokowi saat sidang kabinet paripurna terakhir di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN), Jumat (13/9/2024).

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar sidang kabinet paripurna terakhir dari Kabinet Indonesia Maju di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim), Jumat (13/9/2024).

Masa jabatan Jokowi sebagai Presiden diketahui akan berakhir pada 20 Oktober mendatang.

Sidang kabinet paripurna terakhir ini menjadi momen refleksi dan penutup bagi perjalanan Kabinet Indonesia Maju di bawah kepemimpinan Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, sekaligus persiapan menjelang estafet kepemimpinan kepada pemerintah yang baru.

Dalam sidang paripurna terakhir, Jokowi mengucapkan terima kasih kepada jajarannya atas bantuan yang telah diberikan selama ini.

Dia juga memberikan sejumlah arahan menjelang berakhirnya masa pemerintahannya itu.

“Pada kesempatan yang baik ini, saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk kerja keras, dedikasi dari Bapak-Ibu semuanya dalam menjalankan pemerintahan, dalam melaksanakan program dan visi presiden dan wakil presiden, dalam menghadapi berbagai tantangan-tantangan yang ada,” ujarnya, dilansir laman Kominfo.go.id.

Kepada seluruh menteri, Jokowi meminta agar mereka bisa segera menuntaskan program kerja di bulan terakhir ini.

“Saya ingin menegaskan beberapa hal. Yang pertama, segera tuntaskan di bulan terakhir ini program kerja utama yang sudah dimulai."

"Baik yang berkaitan dengan serapan, yang berkaitan dengan administrasi, pertanggungjawaban, serta kendala-kendala yang belum terselesaikan,” katanya.

Tidak lupa, Jokowi juga mengingatkan para menteri agar terus mendukung pemerintahan baru yang akan dipimpin oleh Presiden Terpilih 2024, Prabowo Subianto.

Jokowi menegaskan, dukungan itu diperlukan demi memastikan kelancaran transisi pemerintahan berjalan efektif, terutama soal penyusunan regulasi yang diperlukan.

Baca juga: Pesan Jokowi di Sidang Terakhir: Jaga Stabilitas, Jangan Buat Kebijakan Ekstrem

Supaya nantinya, pemerintahan baru dapat segera bekerja secara optimal setelah dilantik.

“Yang kedua, kita semuanya harus mendukung penuh program presiden terpilih, pastikan transisi pemerintahan berjalan efektif."

"Jika diperlukan regulasi baru, jika diperlukan perumusan-perumusan kebijakan yang harus segera dibuatkan, segera dibuat dan segera diselesaikan,” ujarnya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini