News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kualifikasi Piala Dunia 2026

Menkumham Akui Pemerintah Kebut Naturalisasi Pemain Timnas, Singgung Cita-cita Jokowi dan Prabowo

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Adi Suhendi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menkumham Supratman Andi Agtas.

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Hukum dan HAM RI (Menkumham) Supratman Andi Agtas mengatakan pemerintahan sedang gerak cepat untuk melakukan proses naturalisasi terhadap pemain sepakbola keturunan Indonesia.

Kata dia, hal ini untuk mewujudkan mimpi pemerintah khususnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden terpilih RI Prabowo Subianto membawa Indonesia tembus Piala Dunia.

Atas hal itu, pemerintah melalui Kemenkumham RI dan Kemenpora RI melakukan naturalisasi istimewa terhadap beberapa pemain sepakbola berdarah Indonesia.

"Kenapa kita lakukan naturalisasi istimewa? karena memang kita punya cita-cita untuk menjadikan Timnas Indonesia untuk lolos Piala Dunia. Ini programnya Presiden Jokowi kemudian juga sama menjadi program Presiden terpilih Prabowo Subianto," kata Supratman saat ditemui awak media di Kantor Kemenkumham RI, Rabu (18/9/2024).

Terkini, pemerintah bersama dengan Komisi III DPR RI telah menetapkan proses naturalisasi terhadap dua pemain sepakbola Belanda keturunan Indonesia.

Baca juga: Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Punya 2 Paspor? Ini Kata Menkumham RI

Kedua pemain tersebut yakni Mees Hilgers dan Eliano Reijnders yang hingga saat ini masih berada di Belanda.

Kata Supratman, kedua pemain tersebut mendapatkan naturalisasi istimewa dari pemerintah.

"Naturalisasi itu ada dua, ada naturalisasi biasa, ada naturalisasi istimewa. Yang kita lakukan terhadap dua pemain kemarin yang di komisi III itu adalah naturalisasi istimewa," kata Supratman.

Baca juga: Kejar Tayang Proses Naturalisasi Mees Hilgers & Eliano Reijnders, Kemenkumham Jemput Bola ke Belanda

Dirinya menyebut, dilakukannya naturalisasi istimewa terhadap Hilgers dan Eliano Reijnders itu karena keduanya dibutuhkan untuk bermain dalam laga Timnas Indonesia selanjutnya.

Adapun, Timnas Indonesia akan bertanding melawan Bahrain dan China dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

"Karena itu kita melakukan gerakan cepat atas permintaan teman-teman dari PSSI," ucap dia.

Saat ini, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders tinggal diambil sumpahnya sebagai WNI untuk secara resmi menjadi pemain Timnas Indonesia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini