News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pesawat Susi Air Dibakar di Papua

Kondisi Pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens setelah Dibebaskan KKB Papua

Penulis: Rifqah
Editor: Suci BangunDS
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens berhasil dibebaskan dan dijemput Satgas Damai Cartenz 2024 usai disandera KKB, Sabtu (21/9/2024). - Kondisi Pilot Susi Air Kapten Philips Mark Mehrtens setelah Dibebaskan KKB Papua.

TRIBUNNEWS.COM - Pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens, akhirnya dibebaskan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua pimpinan Egianus Kogoya.

Diketahui, Kapten Philip disandera KKB Papua sejak 7 Februari 2023 lalu, jadi sudah setahun lebih ia ditahan.

Dia disandera setelah ia mendarat di Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Saat itu, pesawat yang ia terbangkan tersebut mengangkut lima penumpang yang merupakan orang asli Papua (OAP). 

Pembebasan Kapten Philip itu dilakukan Tim Gabungan TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz 2024, Sabtu (21/9/2024).

Penjemputan Kapten Philip ini dilakukan di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kabupaten Nduga.

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024, Kombes Bayu Suseno, mengatakan Kapten Philip dalam kondisi sehat ketika dijemput oleh timnya.

"Ya benar sekali, hari ini kami berhasil menjemput Pilot Philip dalam keadaan sehat. Pilot kami terbangkan dari Nduga langsung menuju Timika," kata dia dalam keterangannya, Sabtu.

Meski demikian, setelah pembebasan itu, Kapten Philip tetap dibawa ke ruangan khusus untuk dilakukan mitigasi medis sekaligus memastikan kondisi psikologis pilot dalam keadaan stabil setelah disandera sekian lamanya.

"Setelah dilakukan mitigasi, akan dilanjutkan dengan konferensi pers. Silakan rekan-rekan media dapat hadir ke posko kami di Mako Brimob Batalyon B/Timika untuk mendengar langsung isi konferensi pers dari para pejabat," ucapnya.

Sementara itu, Kaops Damai Cartenz 2024 Brigjen Pol, Faizal Ramadhani, menyebut upaya pembebasan Kapten Philip ini dilakukan dengan pendekatan soft approach.

Baca juga: Foto-foto: Pilot Susi Air Kapten Philips Mark Bebas Setelah 1 Tahun Lebih Disandera KKB Papua

"Kami mengedepankan pendekatan melalui tokoh agama, tokoh gereja, tokoh adat, dan keluarga dekat dari Egianus Kogoya."

"Pendekatan ini penting dilakukan untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa baik dari aparat, masyarakat sipil, dan sekaligus menjaga keselamatan dari pilot itu sendiri," tuturnya.

Susi Pudjiastuti Ucap Syukur atas Kebebasan Kapten Philip

Founder Susi Air, Susi Pudjiastuti merasa lega dan bersyukur atas pembebasan Kapten Philip tersebut, setelah sekian lama disandera oleh KKB Papua.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini