News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilkada Serentak 2024

KPU: Sirekap Pilkada Didesain Bisa Kirim Data Via Bluetooth

Penulis: Mario Christian Sumampow
Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Anggota KPU RI Idham Holik dalam jumpa pers di Kantor KPU RI

 

Laporan Wartawan Tribunnews, Mario Christian Sumampow

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sistem informasi rekapitulasi atau Sirekap yang digunakan pada Pemilu 2024 lalu kembali bakal digunakan pada Pilkada 2024 mendatang. 

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Idham Holik mengatakan pihaknya menggunakan dua format desain pada Sirekap, yakni untuk kondisi daring dan luring. 

“Sistem informasi yang akan kami gunakan untuk kepentingan publikasi hasil penghitungan suara di TPS itu tidak hanya yang sifatnya online tapi juga offline,” kata Idham di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (24/9/2024). 

Baca juga: KPU Bakal Perbaiki Sirekap untuk Pilkada 2024, Jamin Akurat dan Tidak Timbulkan Polemik

Dalam kondisi luring, kelompok penyelenggara pemungutan suara atau KPPS tetap dapat menggunakan Sirekap. 

Desain luring Sirekap ini, lanjut Idham, disiapkan sebab para saksi dan pemantau di pilkada berhak atas dokumen penghitungan suara.

“Jadi KPPS tetap dapat menggunakan sistem informasi tersebut walaupun dalam kondisi offline yang di mana nanti hasil capture terhadap formulir model C hasil plano di TPS itu bisa didistribusikan kepada para saksi melalui teknologi bluetooth,” ungkap Idham. 

“Jadi tetap dapat digunakan, jadi sistem teknologi informasi untuk kepentingan publikasi hasil penghitungan suara di TPS dalam bentuk online dan offline,” ia menambahkan. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini