News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Apa itu Brevet Hiu Kencana yang Diterima Jokowi? Ini Daftar 20 Tokoh Non TNI Penerima Hiu Kencana

Penulis: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Panglima TNI Jenderal Agus Subianto melakukan penyematan brevet Hiu Kencana kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di atas KRI dr Radjiman Wedyodiningrat (RJW – 992) di Markas Komando Lintas Laut Militer Jakarta Utara, Sabtu (28/9/2024).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Brevet Hiu Kencana, Sabtu (28/9/2024). 

Brevet Hiu Kencana itu disematkan langsung oleh Panglima TNI Jenderal Agus Subianto di atas KRI dr Radjiman Wedyodiningrat (RJW – 992) di Markas Komando Lintas Laut Militer Jakarta Utara.

Presiden Jokowi hadir sekitar pukul 07.45 WIB mengenakan jaket hitam lengkap dengan topi.

Prosesi penyematan Brevet Hiu Kencana ini juga turut dihadiri Presiden terpilih Prabowo Subianto, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menkopolhukam Hadi Tjahjanto, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono, dan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono.

Baca juga: Jenderal Dudung Sematkan Brevet Hingga Sangkur Komando Kopassus Kepada Panglima TNI dan Kapolri

Hadir pula, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Maruli Simanjuntak, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Muhammad Ali, Kepala Staf Angkatan Udara, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Apa Itu Brevet Hiu Kencana

Brevet Kehormatan Hiu Kencana merupakan salah satu bentuk penghormatan dan penghargaan TNI AL, khususnya Satuan Kapal Selam.

Penyematan brevet termasuk salah satu bentuk penghormatan dan penghargaan dari TNI AL kepada mereka yang berpartisipasi memajukan pengembangan kapal selam, baik secara langsung maupun tidak.

Brevet ini hanya diberikan kepada tokoh, warga, maupun prajurit di jajaran TNI yang dipandang telah berjasa, serta memberikan perhatian dan perjuangan bagi TNI AL.

Panglima TNI Jenderal Agus Subianto melakukan penyematan brevet Hiu Kencana kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di atas KRI dr Radjiman Wedyodiningrat (RJW – 992) di Markas Komando Lintas Laut Militer Jakarta Utara, Sabtu (28/9/2024). (Tribunnews.com/Taufik Ismail)

Brevet Hiu Kencana menjadi simbol pengakuan terhadap profesionalisme prajurit kapal selam dalam menjalankan taktik dan teknik peperangan di bawah permukaan laut.

Untuk menjalankan tugas, personel pengawak kapal selam harus memenuhi sejumlah kriteria khusus, baik dari aspek fisik, kesehatan, kejiwaan, dan kesamaptaan jasmani, serta mampu bekerja sama sebagai tim yang solid.

Para penerima Brevet Hiu Kencana resmi bergabung sebagai warga kehormatan dari Korps Hiu Kencana--satuan khusus TNI AL yang bertugas mengoperasikan kapal selam. 

Baca juga: BREAKING NEWS: Megawati Terima Brevet Kehormatan Hidro-Oseanografi TNI AL

Orang-orang Terpilih

Mengutip Wikipedia, pengangkatan dan pengukuhan sebagai Warga Hiu Kencana diberikan kepada orang-orang terpilih untuk diangkat sebagai Warga Kehormatan Kapal Selam. 

Didasarkan atas jasa-jasa orang tersebut atas dukungannya terhadap pembinaan kapal selam sebagai salah satu senjata strategis dalam Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT). 

Pemberian gelar Warga Kehormatan Kapal Selam dan penyematan Brevet Hiu Kencana kepada putra bangsa yang dinilai berjasa mendukung pembinaan kapal selam telah menjadi tradisi warga kapal selam.

Makna Hiu Kencana

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini