News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Munaslub Kadin

Arsjad Rasjid Ungkap Hasil Pertemuan Dengan Bahlil dan Anindya Bakrie, Ini Hasil Kesepakatannya

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) Bahlil Lahadalia memfasilitasi pertemuan Ketua Umum Kadin versi Munas 2021 Arsjad Rasjid dengan ketua Umum Kadin versi Munaslub Anindya Bakrie, di Jakarta Jumat (27/9/2024).

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Kadin Arsjad Rasjid mengungkapkan isi pertemuan dengan Ketua Umum Kadin versi Munaslub Anindya Bakrie dan Ketua Umum Golkar Bahlil Lahadalia.

Pertemuan tersebut digelar pada Jumat 27 September lalu.

Arsjad menjelaskan bahwa pertemuan itu tidak terjadi secara tiba tiba, melainkan sudah direncanakan sejak beberapa hari sebelumnya dan merupakan inisiatif Bahlil.

Ia dan Anin diundang datang ke rumah Menteri ESDM untuk mencari solusi terhadap dualisme kepemimpinan di Kadin.

Dirinya merasa perlu menjelaskan isi pertemuan tersebut secara detail ke publik karena terjadi mispersepsi yang membingungkan anggota Kadin dan para pemangku kepentingan Kadin lainnya.

"Setelah pertemuan itu, saya mendapatkan banyak pertanyaan dari internal kadin, media, warganet dan publik lainnya  tentang solusi atas dinamika Kadin. Maka itu, izinkan saya menyampaikan dan meluruskan informasi mengenai hasil pertemuan tersebut,” kata Arsjad dalam sebuah pesan video, Senin (30/9/2024).

Melalui keterangan ini, Arsjad berharap tidak lagi menimbulkan kebingungan para pemangku kepentingan Kadin terutama tentang hasil pertemuan atau isi kesepakatan yang ia capai bersama Anin di hadapan menteri Bahlil.

"Kami duduk bersama dan saling diskusi pada Jumat sore itu. Dari proses diskusi ini, kami membuat sejumlah kesepakatan tertulis dan ditandatangani di atas materai oleh semua pihak," kata Arsjad.

Inti dari kesepakatan tertulis itu, Arsjad dan Anin sepakat akan mengadakan Musyawarah Nasional Kadin setelah pelantikan presiden.

Waktu dan tempat pelaksanaan Munas Kadin akan menyesuaikan arahan dan keputusan pemerintah.

"Kami juga sepakat kepanitiaan akan dibentuk dengan mengacu ke AD ART. Munasi ini disiapkan secara bersama sama dengan melibatkan kedua belah pihak,” kata Arsjad.

Arsjad menegaskan, dengan tercapainya kesepakatan ini, maka pergantian kepengurusan di Kadin baru hanya akan terjadi setelah penyelenggaraan munas.

Di pernyataan penutupnya, Arsjad kembali menegaskan bahwa ia dan Anin bersahabat sejak lama dan sama sama memiliki komitmen tinggi dalam memajukan Kadin Indonesia sebagai mitra strategis pemerintah.

"Saya bangga, di tengah dinamika ini, kami setuju untuk menghormati hasil kesepakatan ini,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini