News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Eddy Soeparno Buka Suara Seusai Diganti dari Sekjen PAN, Bakal Jadi Menteri?

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Wakil Ketua Umum DPP PAN Eddy Soeparno saat ditemui awak media di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (30/9/2024).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Eddy Soeparno buka suara sesuai tak lagi menjabat Sekretaris Jenderal (Sekjen) PAN.

Dia digantikan oleh Anggota DPR RI sekaligus Ketua DPD PAN Jakarta, Eko Hendro Purnomo atau Eko Patrio.

Pergantian tersebut menjelang presiden terpilih RI, Prabowo Subianto mengumumkan menteri dalam kabinetnya sesuai pelantikan 20 Oktober 2024 mendatang.

Eddy menjelaskan penentuan menteri kewenangan sepenuhnya Prabowo dan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan atau Zulhas.

Dia meyakini siapapun yang dipilih merupakan kebaikan untuk pemerintahan Prabowo.

"Belum, nanti biar aja. Itu kan kewenangannya Ketua Umum saya yang pasti sudah menjalin diskusi, dialog dengan Pak Presiden terpilih. Apapun hasilnya kita percaya itu adalah untuk kebaikan PAN dan kebaikan pemerintahan akan datang," kata Eddy di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (30/9/2024).

Eddy mengaku tidak bisa merinci siapa sosok menteri yang akan diusulkan PAN ke Prabowo. Dia pun mengatakan pihaknya tidak mau berspekulasi lantaran kewenangan di tangan Prabowo dan Zulhas.

"Saya terus terang belum tahu dan saya tentu tidak berani berspekulasi. Ya karena ini adalah pembahasan yang mandatnya dipegang oleh Pak Zulkifli Hasan dari PAN dan pasti beliau sudah berbicara dengan Pak Presiden terpilih," ungkapnya.

Dia juga mengaku tidak bisa merinci apakah parpol lain juga sudah membicarakan secara internal soal kabinet kepada koalisi Indonesia maju (KIM).

Hal yang pasti, PAN dan Prabowo memang memiliki kedekatan.

"Ya, Alhamdulillah dekat," jelasnya.

Lebih lanjut, Eddy menambahkan pergantiannya dari kursi Sekjen PAN merupakan rotasi biasa yang tidak ada hubungannya dengan isu penunjukkan kabinet Prabowo.

Baca juga: Jejak Karier Politik Eko Patrio yang Kini Jabat Sekjen PAN hingga Disiapkan Jadi Menteri Prabowo

"Saya rasa semangat yang dibawa Mas Eko juga ada semangat kemudaan, semangat perjuangan PAN yang sudah Mas Eko memahami, sudah berkali-kali juga menjadi anggota dewan. Saya rasa dan saya yakin ke depannya Mas Eko akan berbuat lebih baik lagi, lebih besar lagi, lebih kencang lagi, agar PAN-nya bisa melesat semakin tinggi lagi," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini