News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Nelayan dan Siswa di Kota Sorong Diberikan Pengetahuan Cara Mengelola Hingga Merencanakan Keuangan

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

ILUSTRASI Nelayan di perairan Pemalang, Jawa Tengah sedang menjaring ikan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kegiatan literasi keuangan terus dilakukan berbagai pihak, mulai dari pemerintah maupun kalangan swasta.

Satu di antaranya, pemberian pengetahuan mengelola dan merencanakan keuangan kepada siswa maupun nelayan di Kota Sorong, Papua Barat oleh Asuransi Sinar Mas dalam Gerakan Nasional Cerdas Keuangan (GENCARKAN) yang diinisiasi OJK bersama dengan Dewan Nasional Keuangan Inklusif (DNKI).

Pimpinan Cabang Asuransi Sinar Mas Sorong, Muchtar Hasiholan Sihombing mengatakan, kegiatan literasi dilakukan di SD Negeri 4 dan Dinas Perikanan Kota Sorong.

"Kami berharap adanya pemaparan materi bisa menambah pemahaman para peserta dalam mengelola dan merencanakan keuangan, serta mengenal asuransi,” jelas Muchtar dikutip Senin (30/9/2024).

Literasi keuangan diberikan dengan metode presentasi dan dikombinasi dengan simulasi mengelola keuangan dan pengenalan jenis asuransi dengan tarian.

Diharapkan dengan metode ini, penjelasan yang disampaikan dapat lebih diterima oleh peserta literasi.

Kepala Bidang Kelautan dan Perikanan di Dinas Pertanian Pangan, Kelautan, dan Perikanan Provinsi Papua Barat Daya, Semuel Kondjol menyampaikan, edukasi literasi keuangan adalah hal baru untuk nelayan di sini.

"Saya berharap dengan ada pemahaman yang baik tentang mengelola keuangan, para nelayan bisa mulai belajar menyisihkan uang untuk ditabung dan memenuhi kebutuhan lain,” kata Semuel. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini