News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

HUT TNI

Datangi Lanud Husein Sastranegara, Warga Coba Pesawat Unicorn Flight yang Tampil di HUT ke-79 TNI

Penulis: Gita Irawan
Editor: Acos Abdul Qodir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Sejumlah warga menaiki sejumlah pesawat yang dipamerkan di Lanud Husein Sastranegara Open Base dalam rangka HUT Ke-79 TNI di Bandung Jawa Barat pada Sabtu (5/10/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lanud Husein Sastranegara menggelar Open Base dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Ke-79 TNI pada Sabtu (5/10/2024). 

Dalam acara tersebut warga Bandung dan sekitarnya berkesempatan melihat lebih dekat berbagai alutsista yang dioperasikan TNI Angkatan Udara.

Dari foto yang diterima, warga tampak memadati area Lanud untuk menyaksikan hingga masuk ke berbagai jenis alutsista udara TNI yang sebelumnya berpartisipasi dalam demo udara pada peringatan HUT Ke-79 TNI di Jakarta.

Komandan Lanud Husein Sastranegara Kolonel Pnb Alfian, S.E., M.Han., mengatakan seluruh pesawat yang turut ambil bagian dalam Unicorn Flight dalam HUT Ke-79 TNI di langit Monas Jakarta Pusat lepas landas dari Lanud Husein Sastranegara.

Unicorn Flight sendiri merupakan callsign yang digunakan dalam penerbangan 11 Pesawat C-130 Hercules dari Skadron Udara 33, 32, dan 31 TNI AU yang dipimpin pesawat A-1330 Skadron Udara 33 Wing Udara 5 Lanud Hasanuddin Makassar.

Ia juga mengatakan dalam acara Open Base tersebut masyarakat dapat melihat langsung pesawat-pesawat TNI AU tersebut dari dekat.

"Masyarakat Kota Bandung dapat melihat langsung dari dekat pesawat milik TNI seperti C-130 Hercules, CN 295, CN 235 dan NC 212i," kata Alfian saat dihubungi Tribunnews.com pada Sabtu (5/10/2024).

Baca juga: Pawai Ransus MIT Ares Satbravo 90 hingga Pesawat Tempur TNI AU Kibarkan Merah Putih di Langit Monas

Dalam kegiatan itu, pengunjung tidak hanya melihat, melainkan juga berkesempatan berinteraksi langsung dengan prajurit TNI yang bertugas.

Selain itu, pengunjung juga memperoleh penjelasan mengenai fungsi dan kegunaan alutsista udara yang dipamerkan.

Ia mengatakan, acara tersebut ditujukan untuk mempererat hubungan antara TNI dan masyarakat sekaligus memberikan edukasi tentang kekuatan pertahanan udara yang dimiliki TNI.

Alfian berharap masyarakat semakin memahami peran strategis TNI  dalam menjaga kedaulatan udara Indonesia, serta semakin mendukung keberadaan TNI dalam menjalankan tugasnya.

"Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi kami kepada masyarakat. Kami ingin masyarakat lebih mengenal TNI dan bagaimana kami menjaga keamanan dan kedaulatan negara ini," kata dia.

"Kami juga berharap, generasi muda terinspirasi untuk ikut serta membangun bangsa melalui jalur pertahanan negara," sambung dia.

Baca juga: Ingin Terhindar Wajib Militer, Warga Ukraina Harus Bayar Rp188 Juta ke Agen Ilegal

Kegiatan tersebut juga dilaporkan mendapat apresiasi dari para warga.

Dari foto-foto yang diterima, tampak sejumlah warga baik dari anak sekolah hingga orang dewasa berbondong-bondong masuk ke dalam pesawat.

Selain itu, mereka juga tampak berinteraksi dan berfoto bersama personel Lanud Husein Sastranegara.

Warga pun tampak mengerumuni pesawat-pesawat dari Skadron Udara 31 Lanud Husein Sastranegara yang berjejer di landasan. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini