News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pemerintahan Jokowi Berakhir

List Agenda Jokowi pada 20 Oktober 2024, Ikut Hadiri Pelantikan Prabowo Sebelum Pulang ke Solo?

Penulis: Malvyandie Haryadi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi membeberkan rencana kegiatannya pada 20 Oktober, hari di mana Prabowo-Gibran dilantik sebagai presiden dan wakil presiden terpilih.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Jokowi membeberkan rencana kegiatannya pada 20 Oktober, hari di mana Prabowo-Gibran dilantik sebagai presiden dan wakil presiden terpilih. Apakah Jokowi akan hadir dalam acara tersebut?

Mensesneg Pratikno Pratikno sebelumnya mengatakan tidak ada aturan kewajiban presiden datang ke MPR saat pelantikan presiden baru. 

Dia mengatakan sudah menjadi tradisi bagi presiden petahana hadir dalam pelantikan presiden baru.

Jokowi sendiri dipastikan akan hadir dalam acara pelantikan. Namun, sang presiden, mengaku langsung pergi ke Solo usai acara pelantikan. Setelahnya dia akan beraktifitas di Solo.

"Tanggal 20 Oktober sore saya pulang ke Solo," kata Jokowi setelah menghadiri BNI Investor Daily, JCC, Senayan, Jakarta, Selasa (8/10/2024).

Jokowi tidak menyebut rinci kegiatan yang akan dilakukan seusai pelantikan presiden. Ia berkelakar akan tidur terlebih dahulu. "Pulang ke Solo dulu, tidur," ujarnya.

Pratikno sendiri secara terpisah, menjelaskan, Jokowi bakal kembali lebih dahulu ke Istana Merdeka, setelah menghadiri pelantikan Prabowo sebagai presiden pengganti di Kompleks DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat

"Karena Pak Presiden kan nanti acaranya kan pisah sambut ya, jadi setelah pelantikan di DPR rencananya presiden ke-7 akan lebih dulu berangkat ke Istana Merdeka, nanti Pak Presiden Prabowo menyusul untuk acara pisah sambut," kata Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (8/10/2024).

Adapun pernyataan Pratikno sekaligus meluruskan pernyataan Presiden Jokowi sebelumnya, yang menyebut bahwa Jokowi tidak akan hadir di acara pelantikan Prabowo.

Ia mengungkapkan, sejatinya, Jokowi sudah sejak awal menyatakan akan hadir di pelantikan Prabowo.

"Insya Allah datang. Jadi Pak Presiden memang sejak awal sudah mengatakan datang di pelantikan. So pasti, lah, Pak Presiden hadir di pelantikan nanti 20 Oktober," ungkap dia.

Lebih lanjut Pratikno menjelaskan, aturan mengenai kehadiran Presiden dalam acara pelantikan presiden baru sebetulnya tidak ada.

Namun, kebiasaan itu dilakukan oleh Presiden sebelumnya, sama halnya ketika Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menghadiri acara pelantikan Presiden Jokowi pada 2014 silam.

"Kalau aturan sih nggak ada, tapi selama ini kan juga hadir. Pada waktu 2014 Pak Presiden SBY dan Pak Wapres Boediono hadir. Jalan dulu masuk, kemudian disusul oleh Presiden terpilih Pak Jokowi dan Wapres Pak JK (Jusuf Kalla)," tutur dia.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini