News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Hakim Perjuangkan Kesejahteraan

Hakim Menangis di DPR Usai Ditelepon Prabowo, SHI: Bersyukur Jalan Ninja Kami Direspons Positif

Penulis: Fahmi Ramadhan
Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Juru Bicara Solidaritas Hakim Indonesia (SHI) Fauzan Arrasyid (kedua kiri) saat menyampaikan pemaparan dalam acara diskusi Ikatan Wartawan Hukum bertajuk 'Masihkah Demi Keadilan Berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa' di Jakarta Pusat, Jumat (11/10/2024).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fahmi Ramadhan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Juru Bicara Solidaritas Hakim Indonesia (SHI) Fauzan Arrasyid mengungkap alasan para hakim menangis saat Prabowo Subianto memberi tanggapan atas isu kesejahteraan hakim dalam forum audiensi di Gedung DPR RI beberapa waktu lalu.

Fauzan mengatakan menangisnya para hakim dalam forum tersebut lantaran mereka bersyukur upaya yang dilakukan itu mendapat respon positif terutama dari presiden terpilih 2024-2029 tersebut.

"Saya tanya ke beberapa teman-teman, kok bisa menangis hanya karena mendengar respon positif dari presiden terpilih. Jawabannya teman teman begini, kami bersyukur karena usaha, kalau bahasa kami tuh, jalan ninja yang kami pilih itu di respon positif," kata Fauzan dalam diskusi Ikatan Wartawan Hukum di Jakarta Pusat, Jum'at (11/10/2024).

Sebagaimana diketahui sejumlah hakim di tanah air sampai menggelar cuti bersama demi menuntut kesejahteraan hakim yang dinilai tidak mengalami perubahan selama 12 tahun terakhir ini.

Terkait hal tersebut, Fauzan menerangkan, sejatinya sempat terjadi perdebatan panjang diantara hakim-hakim yang terlibat.

Pasalnya kata Fauzan terdapat beberapa hakim yang menilai langkah cuti bersama itu berberbenturan dengan norma jabatan yang dianggap tidak cocok dilakukan oleh para hakim.

"Tapi akhirnya kami hakim di angkatan muda itu punya satu kesepemahaman, bahwa tata cara pengambilan keputusan jika musyawarah mufakat tidak tercapai maka kita voting karena kebiasaan di musyawarah Majelis. Akhirnya keputusan yang kita ambil adalah itu (cuti bersama)," jelasnya.

Akan tetapi Fauzan juga menekankan, menangisnya para hakim di momen tersebut bukan karena terbuai dengan harapan yang diberikan calon orang nomor satu di tanah air tersebut.

Melainkan adanya kemudahan yang diberikan Tuhan dari jerih payah para hakim yang selama ini berjuang untuk meningkatkan kesejahteraan mereka selama menjalani tugas.

"Karena bersyukur pada akhirnya cara yg kami gunakan cara yg ternyata memberikan dampak positif pada rujukan akhir yg ingin kami capai," pungkasnya.

Presiden terpilih Prabowo Subianto berbicara langsung dengan Solidaritas Hakim Indonesia (SHI) yang menggelar audiensi dengan pimpinan DPR RI pada Selasa (8/10).

Prabowo berbicara kepada mereka lewat sambungan telepon setelah dihubungi Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad.

Dalam sambutannya, Prabowo menegaskan, dirinya telah lama menaruh perhatian besar terhadap kesejahteraan hakim. 
"Saya memang menaruh perhatian yang sangat besar sudah sejak lama terhadap para hakim," ujarnya. 

Ia juga mengungkapkan pandangannya tentang perlunya perbaikan kualitas hidup para hakim sebagai bagian dari lembaga yudikatif.

Dalam kesempatan ini, Prabowo berharap dapat melakukan pertemuan tatap muka dengan perwakilan hakim. 

Setelah sambutan tersebut, suasana di ruang rapat semakin hangat. 

Para hakim yang tergabung dalam Solidaritas Hakim Indonesia memberikan tepuk tangan meriah. 

Baca juga: Pernyataan Lengkap Prabowo yang Buat Hakim Menangis hingga Berpelukan di DPR, Janjikan Kesejahteraan

Beberapa hakim bahkan berdiri sambil bertepuk tangan, dan terlihat ada yang terharu hingga meneteskan air mata.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini