News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pemerintahan Jokowi Berakhir

Pindah ke Solo, Jokowi akan Boyong 43 Kambing

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Muhammad Zulfikar
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kolase foto Penampakan proyek rumah pensiun Presiden RI Joko Widodo di Desa Blulukan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Kamis (10/10/2024) dan Presiden Jokowi.

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku sudah mulai memindahkan barang pribadinya ke Solo Jawa Tengah, menjelang purna tugas pada 20 Oktober 2024. Presiden mengatakan telah memindahkan 70 persen barangnya ke Solo.

"Sudah 70 persen barang-barang sudah dibawa dengan box ke Solo," kata Jokowi usai meresmikan Istana Negara di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Jumat (11/10/2024).

Baca juga: Jokowi Bakal Rutin Kunjungi IKN Meski Tak Lagi Jadi Presiden

Barang yang akan ikut diboyong dari Istana ke Solo, Jawa Tengah diantaranya yakni Kambing. Jokowi mengatakan terdapat 43 kambing yang akan dibawa ke Solo.

"Kambingnya belum, nanti segera juga. Kambingnya 5 sekarang jadi 43," katanya.

Baca juga: Jokowi Tegaskan Tak Cawe-cawe soal Menteri Prabowo: Tapi Kalau Ditanya ya Saya Jawab

Jokowi mengatakan meskipun telah pensiun sebagai Presiden nanti, ia akan tetap meninjau IKN secara rutin.

"Oh, nanti rutin," pungkasnya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan berakhir masa jabatannya pada 20 Oktober mendatang. Presiden sudah mulai mengemas barangnya yang ada Istana Jakarta dan Istana Bogor untuk dibawa pulang ke Solo, Jawa Tengah.

"Aduh, packing pening kepala katanya.  Sudah packing, sudah mulai packing," kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (8/10/2024).

Pratikno tidak menjelaskan sejak kapan Presiden Jokowi mulai berkemas. Hanya saja kata dia, barang yang sudah mulai dipindahkan dari Istana ke Solo diantaranya yakni buku, foto, dan lainnya.

"Banyak ada foto, ada buku, ada segala macam kan," katanya.

Baca juga: Projo Bakal Banjiri Kota Solo dengan Spanduk Penyambutan bagi Jokowi yang Lengser 20 Oktober 

Selain itu, salah satu yang dipindahkan dari Istana yakni koleksi batik Presiden. Pratikno bahkan berseloroh bahwa dirinya meminta salah satu batik Presiden. Namun Pratikno mengaku belum dikasih oleh Presiden.

"Saya saja minta sama presiden itu koleksi bapak, batik bagus bagus, saya lihat di setiap acara batiknya Pak Presiden itu kan relatif sering ganti ya, saya juga berminat Pak, saya minta satu," pungkasnya.

 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini