News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Bocoran Lengkap Pengisi AKD di DPR, Habiburokhman Ketua Komisi III?

Penulis: Abdi Ryanda Shakti
Editor: Acos Abdul Qodir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Suasana Rapat Paripurna pelantikan pimpinan MPR RI periode 2024-2029 di Gedung Nusantara DPR/MPR/DPD RI, kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2024). 

Laporan Khusus Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) masih menggodok terkait jabatan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) yang terdiri dari Komisi hingga Badan, hingga panitia khusus setelah ditetapkannya para anggota DPR periode 2024-2029.

Pada periode ini, DPR sudah sepakat akan menambah komisi hingga satu badan. Untuk komisi sendiri yang sebelumnya berjumlah 11 menjadi 13. Sementara, satu badan yang akan bertambah yakni Badan Aspirasi Rakyat.

Dalam hal ini, badan AKD yang sudah eksis diketahui yakni Badan Musyawarah (Bamus), Badan Legislasi (Baleg), Badan Anggaran (Banggar), Badan Akuntabilitas Keuangan Negara, Badan Kerja Sama Antar-Parlemen, Badan Urusan Rumah Tangga (BURT). Selain itu, ada Majelis Kehormatan Dewan (MKD) dan Panitia Khusus yang masuk dalam AKD.

"Masih diproses, bisa jadi (ada 13 Komisi). (Badan Aspirasi Rakyat) Yang berkembang seperti itu. Pokoknya fix (pastinya) nanti dulu ada berapa-berapanya," kata Wakil Ketua DPR Fraksi PKB, Cucun Ahmad Sumsurijal kepada Tribunnews.

Adapun nantinya jabatan di AKD tersebut akan diisi sejumlah orang dari delapan fraksi di DPR termasuk Partai Gerindra.

Informasi yang dihimpun Tribunnews.com, Partai Gerindra sendiri akan mengisi jabatan pimpinan di Komisi III. Adapun sosok yang paling santer terdengar menjabat sebagai Ketua Komisi III yakni Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburrokhman.

Meski begitu, Habiburokhman belum menjawab pertanyaan terkait hal itu saat dihubungi melalui pesan singkat dan sambungan telepon.

Baca juga: Sepekan Lagi Lengser, Mayoritas Menteri Jokowi Masih Bertahan di Rumah Dinas

Sementara itu, Ketua Harian Partai Gerindra yang juga merupakan Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad mengaku tidak mengetahui secara pasti soal rekan satu partainya yang akan menjabat sebagai Ketua Komisi III DPR RI periode 2024-2029 itu.

"Saya enggak tahu karena itu kan akan keluar dari fraksi. Saya sebagai pimpinan DPR tinggal menunggu aja surat dari fraksi demikian," ucap Dasco.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Sekretaris Jenderal Partai Gerindra yang sekaligus juga Ketua MPR RI, Ahmad Muzani. Dia meminta agar hal itu ditanyakan kepada Ketua Fraksi Gerindra di DPR RI.

Awak Tribunnews pun mencoba menggali informasi ini melalui Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Budisatrio Djiwandono. Budi yang merupakan Ketua Fraksi Gerindra di DPR RI ini memilih bungkam ketika ditemui di Gedung Nusantara III DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat.

Sambil berkelakar, pimpinan Partai Gerindra itu menutup kupingnya saat mendapat pertanyaan itu.

Baca juga: 4 Fakta Pertemuan Prabowo-Gibran dan Jokowi di Solo Hari Ini

Budi malah mengatakan awak media yang sudah lebih tahu terkait AKD hingga sosok yang akan ditunjuk untuk menjadi pimpinan dan tetap tak memberikan informasi perihal itu.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini