News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Cuaca Panas di Pulau Jawa Bakal Berakhir, Musim Hujan Diprediksi Segera Datang

Penulis: willy Widianto
Editor: Muhammad Zulfikar
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

ilustrasi hujan. Puncak musim hujan akan banyak terjadi pada bulan November hingga Desember 2024 di wilayah Indonesia bagian barat dan bulan Januari hingga Februari 2025 untuk wilayah Indonesia timur.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kabar baik bagi anda warga yang tinggal di pulau Jawa. Sebab, paparan suhu panas yang terjadi di pulau Jawa akan berakhir pada Rabu (16/10/2024).

"Dan beberapa wilayah akan mulai memasuki musim hujan untuk wilayah Jawa," tulis Info Mitigas melalui akun X (twitter) @infomitigasi, dikutip, Senin (14/10/2024).

Baca juga: Cuaca Qingdao Mirip dengan Eropa, Bukan Kendala Bagi Skuad Timnas Indonesia, Begini Kata Sumardji

Sebelumnya suhu di pulau Jawa cukup panas beberapa hari terakhir. Hal tersebut diduga disebabkan karena adanya badai kuat matahari yang sudah berlangsung sejak Jumat(11/10/2024) lalu.

Cuaca terpanas saat badai matahari berlangsung di pulau Jawa terdeteksi terjadi di Jawa Timur. Beberapa kota seperti Nganjuk, Bojonegoro suhunya bahkan menembus hingga 39 derajat celsius. 

Baca juga: Prakiraan Cuaca BMKG Hari Ini Jumat 11 Oktober 2024, Daerah Potensi Hujan: Jawa Tengah hingga Banten

Pantauan Tribun mengenai prediksi musim hujan di pulau Jawa yang dirilis BMKG, terlihat beberapa wilayah sebagian besar akan memasuki musim hujan pada minggu ketiga bulan Oktober 2024.

Hanya beberapa wilayah terutama di Jawa Timur yang baru memasuki musim hujan pada minggu kedua dan minggu ketiga bulan November 2024.

Prediksi El Nino-Southern Oscillation (ENSO) menunjukkan adanya potensi terjadi fenomena La Nina pada akhir 2024. Secara umum, La Nina cenderung menyebabkan kondisi yang lebih basah di Indonesia, namun dampaknya dapat bervariasi di setiap wilayah.

Awal musim hujan di Indonesia menurut BMKG bervariasi, dimulai dari wilayah barat Sumatera yang memasuki musim hujan lebih awal pada Agustus 2024, kemudian secara bertahap menyebar ke wilayah timur hingga Desember 2024. 

"Pada umumnya, sebagian besar wilayah Indonesia akan mengalami musim hujan pada periode Oktober hingga November 2024," tulis BMKG di situs resminya.

Dibandingkan dengan rata-ratanya, musim hujan 2024/2025 akan datang lebih awal dari kebiasaanya. Selain itu, kondisi akumulasi curah hujan (Sifat Musim) pada musim hujan 2024/2025 diprediksi akan berada pada kategori Normal yang menunjukan tidak ada kondisi yang terlalu basah maupun terlalu kering.

Baca juga: Prakiraan Cuaca BMKG Besok, Jumat 11 Oktober 2024, Daerah Potensi Hujan: Jawa Tengah hingga Banten

Puncak musim hujan akan banyak terjadi pada bulan November hingga Desember 2024 di wilayah Indonesia bagian barat dan bulan Januari hingga Februari 2025 untuk wilayah Indonesia timur. Puncak musim tersebut akan sama hingga maju (lebih awal) jika dibandingkan dengan kondisi kebiasaanya.

Durasi musim hujan di berbagai wilayah akan bervariasi, mulai dari 6 dasarian (2 bulan) hingga 33 dasarian (11 bulan). Jika dibandingkan dengan rata-rata, durasi musim hujan 2024/2025 di sebagian besar wilayah Indonesia diprediksi akan lebih panjang daripada biasanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini