News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pelantikan Prabowo dan Gibran

Iring-iringan Mobil Kepresidenan Prabowo Bakal Serba Warna Putih, ''Maung Limo'' Tunggangan Utama

Editor: Acos Abdul Qodir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Sejumlah kendaraan produk PT Pindad jenis Maung yakni kendaraan taktis ringan 4x4 untuk mendukung operasi pertempuran jarak dekat dan jelajah medan sulit.

Laporan khusus Tim Tribunnews.com

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ada yang bakal berbeda dengan mobil kepresidenan setelah Prabowo Subianto resmi dilantik sebagai Presiden ke-8 RI pada Minggu, 20 Oktober 2024. 

Berdasarkan informasi yang diperoleh Tribunnews, Prabowo akan merubah warna iring-iringan mobil kepresidenan menjadi serba putih.

Diketahui, mobil kepresidenan menjadi hal penting bagi pemimpin negara untuk mobilitas menjalankan tugas negara.

Selain itu, mobil yang digunakan pemimpin negara kerap kali menyita atensi publik lantaran spesifikasi dan desain khusus untuk memastikan keamanan tingkat tinggi dan kenyamanan bagi sang presiden.

Di Indonesia, fasilitas kendaraan bagi presiden telah diatur sebagai hak yang akan diberikan negara setelah presiden terpilih dilantik sebagai presiden definitif.

Hal tersebut tercantum dalam Pasal 5 Undang-Undang 7 Tahun 1978 Hak Keuangan/Administratif Presiden dan Wakil Presiden serta Bekas Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia.

Baca juga: Ditemani Gibran, Prabowo Subianto Bertemu Presiden Joko Widodo di Solo

Jokowi Andalkan Mercy S600 Guard

Saat ini, mobil dinas kepresidenan yang digunakan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) adalah Mercedes-Benz S600 Guard, Innova Zenix, Toyota Land Cruiser 200, Toyota Alphard, dan Lexus LX570. Seluruhnya berwarna hitam.

Namun, mobil dinas utama yang kerap digunakan Jokowi yakni Mercedes-Benz S600 Guard, Kendaraan yang satu itu telah menemani berbagai aktivitas kenegaraan Jokowi sejak tahun 2019 hinga 2024.

Kemananan kelas VVIP yang dimiliki Mercedes-Benz S600 Guard ini kerap menjadi alasan mobil ini dipilih sebagai mobil kepresidenan beberapa pemimpin negara di dunia.

Sebagai gambaran, mobil yang ditumpangi Jokowi itu mendapatkan sertifikat VR10, yang berarti memiliki sertifikasi tingkat perlindungan tertinggi untuk kendaraan jenis non-militer.

Selain itu, kendaraan dinas orang nomor satu di Indonesia itu juga telah tersertifikasi Explosive Resistant Vehicle (ERV) di tahun 2010, yang berarti tahan ledakan.

Di bagian jendela-jendela, Mercedes-Benz S600 Guard juga dilengkapi kaca yang berbahan polikarbonat, sehingga anti peluru. Mobil ini juga dilengkapi ban run-flat, yang tetap dapat melaju meski mengalami kempis hingga jarak sejauh 30,5 kilometer (km).

Baca juga: Ganjar Bicara Kans Kerja Sama Megawati-Prabowo dan Kemungkinan Ia Masuk Kabinet Prabowo-Gibran

Berdasarkan laman Mercedes-Benz, sedan ini memiliki mesin V12 yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 530 horsepower (Hp) dengan torsi 830 Newton meter (Nm).

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini