News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

10 Tahun Pemerintahan Jokowi

VIDEO WAWANCARA EKSKLUSIF 10 Tahun Legacy Jokowi di Papua, Bangun Ruang-ruang Kreatif Anak Muda

Penulis: Srihandriatmo Malau
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - "Kalau ditanya anak muda Papua, siapa Presiden Indonesia terbaik? Jawabannya Presiden Jokowi."

Hal itu disampaikan Staf Khusus Presiden, Billy Mambrasar saat wawancara eksklusif dengan Direktur Pemberitaan Tribun Network Febby Mahendra Putra, di Studio Tribunnews, Jumat (11/10/2024). 

Billy menyebut mayoritas anak muda Papua mengaku puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama satu dekade terakhir.

Dia mengungkapkan 82,3 persen generasi muda di Papua memberikan apresiasi tinggi terhadap upaya pembangunan ekonomi yang digalakkan oleh Jokowi, khususnya di sektor industri kreatif.

Papua Youth Creative Hub (PYCH) menjadi ruang bagi anak muda Papua untuk mengembangkan keterampilan di bidang fesyen, peternakan, hingga perikanan.

Billy juga menyebutkan, kehadiran PYCH merupakan kado indah dari Jokowi yang membuka akses permodalan dan pelatihan bagi anak-anak muda Papua.

Selama satu dekade terakhir, Jokowi membangun hubungan erat dengan masyarakat Papua, terbukti dari seringnya kunjungan kerja dan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua.

"Kurang lebih jawabannya Presiden Jokowi. Yang ngasih Papua kreatif hub, yang bikin PON di Papua, yang penarinya ratusan anak muda Papua, Presiden Jokowi," ungkapnya.

Hal ini diungkapkan ketika dirinya membeberkan berbagai upaya Pemerintah era Presiden Joko Widodo, untuk membangun ekonomi di Papua.

Hadiah Terindah Jokowi 

Billy pun menceritakan saat dirinya bertemu Presiden Jokowi pada suatu kesempatan.

Lalu ia membeberkan masukkan kepada Presiden Jokowi, agar kinerja ekonomi Papua harus dapat ditingkatkan dan berkontribusi lebih untuk negara.

Di satu sisi, 60 persen penduduk di Papua merupakan generasi muda, seperti Milenial dan Gen Z.

Salah satu upaya untuk memajukan Papua yakni dengan cara memberikan pelatihan kepada generasi muda, terkait industri kreatif.

Staf Khusus Presiden Jokowi, Gracia Josaphat Jobel Mambrasar atau akrab disapa Billy Mambrasar melakukan sesi wawancara khusus dengan Direktur Pemberitaan Tribun Network, Febby Mahendra Putra di Studo Tribun Network, Jalan Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (11/10/2024). Dalam wawancara tersebut, Gracia Josaphat Jobel Mambrasar banyak mengisahkan tentang pembanungan wilayah Papua selama dirinya mendampingi Presiden Jokowi sebagai staf khusus. TRIBUNNEWS/LENDY RAMADHAN (TRIBUNNEWS/LENDY RAMADHAN)
Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini