News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kabinet Prabowo Gibran

Budi Gunawan Tak Dipanggil Prabowo Jadi Calon Menteri, PDIP: Tunggu 1-3 Hari Keputusan Ibu Mega

Penulis: Facundo Chrysnha Pradipha
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Prabowo berbincang dengan Kepala BIN Budi Gunawan, Kamis (31/10/2019). Sosok Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Budi Gunawan tak terlihat pada Senin (14/10/2024) dalam agenda Prabowo memanggil calon menteri kabinetnya

TRIBUNNEWS.COM - Sosok Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Budi Gunawan tidak muncul pada Senin (14/10/2024) dalam deretan tokoh serta pejabat yang dipanggil Prabowo Subianto di kediaman Kertanegara, Jakarta Selatan, sebagai bakal menterinya.

Prabowo tidak memanggil purnawirawan jenderal polisi itu meskipun 14 menteri Kabinet Indonesia Maju pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) hadir bergantian sejak sore hingga malam harinya.

Padahal dalam beberapa kabar bursa susunan Kabinet Prabowo-Gibran, nama Budi Gunawan kembali masuk.

Meskipun diisukan kembali menjadi bagian kabinet, Budi Gunawan kabarnya tak akan menempati pos yang sama sebagai Kepala BIN.

Tak adanya sosok Budi Gunawan di Kertanegara kemarin menjadi pro dan kontra.

Hal ini bisa dikaitkan dengan peran PDI Perjuangan (PDIP) dan sang Ketua Umum Megawati Soekarnoputri yang memang dikenal memiliki hubungan erat dengan Budi Gunawan.

Ditambah lagi pada pemanggilan calon menteri di Kertanegara, memang tidak ada kader PDIP yang hadir dipanggil kemarin.

PDIP melalui politisinya, Chico Hakim memberi isyarat lain tentang situasi yang terjadi pada pemanggilan calon menteri oleh Prabowo.

Soal pemanggilan kader PDIP, Chico mengakui belum ada informasi terbaru tentang pemanggilan atau kabar kadernya bertemu dengan presiden terpilih.

Dirinya menegaskan, semua keputusan termasuk penugasan kader PDIP pada kabinet pemerintahan harus melalui persetujuan Megawati.

Di sisi lain, Chico justru memfokuskan kepada hasil dari rencana pertemuan Prabowo dan Mega yang sebentar lagi akan berlangsung.

Baca juga: Budi Gunawan Lengser dari Kepala BIN, Beredar Nama-nama Penggantinya di Kabinet Prabowo-Gibran

"Rasa-rasanya tunggu saja pertemuan antara Pak Prabowo dan Ibu Mega yang tentunya ditunggu oleh masyarakat, ditunggu keduanya, ditunggu kader kedua partai. Harapan kami memang dilakukan sebelum pelantikan pak prabowo, mungkin dalam 1, 2, 3 hari ke depan," ucapnya dalam siaran langsung acara Sapa Indonesia Pagi di YouTube Kompas TV, Selasa (15/10/2024) pagi.

Chico juga menjelaskan kejelasan posisi PDIP dalam Kabinet Prabowo-Gibran.

Ia tak menampik potensi keterlibatan PDIP sebagai koalisi ataupun oposisi pemerintahan.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini