News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kabinet Prabowo Gibran

Analis Komunikasi Politik Menilai Kabinet Gemuk Prabowo-Gibran akan Membebani APBN

Penulis: Fersianus Waku
Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Terpilih Prabowo Subianto. Analis Komunikasi Politik, Hendri Satrio menilai, kabinet gemuk Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan membebani APBN. Sebab, kabinet Prabowo-Gibran disebut akan terdiri dari 104 hingga 106 menteri dan wakil menteri serta beberapa kementerian dipecah. Tribunnews/Jeprima

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fersianus Waku 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Analis Komunikasi Politik, Hendri Satrio menilai, kabinet gemuk Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan membebani APBN.

Sebab, kabinet Prabowo-Gibran disebut akan terdiri dari 104 hingga 106 menteri dan wakil menteri serta beberapa kementerian dipecah.

Baca juga: Prabowo Subianto Rampung Kumpulkan Calon Anggota Kabinet, Bahas Isu Geopolitik hingga Ekonomi

"APBN kita pasti akan, walaupun tidak akan, misalnya Pak Prabowo mengatakan bahwa jangan kemudian mengambil uang dari APBN, tapi kabinet gemuk ini sudah jelas membebani negara," kata Hendri, dalam keterangannya, Kamis (17/10/2024).

Hendri mengatakan, keuangan negara akan terbebani terutama dalam belanja pegawai, infrastruktur serta gedung, dan lainnya.

Dia menegaskan, kabinet Prabowo menjadi gemuk karena harus memenuhi keinginan orang-orang yang telah berjasa ikut membantu memenangkannya di Pilpres 2024.

Sehingga, kata Hendri, Prabowo pun harus merubah nomenklatur kementerian dan akhirnya membentuk kabinet yang berpotensi akan membebani negara.

"Itu sebuah fenomena yang harus kita terima, jadi ini mungkin adalah kemenangan elektoral pertama yang kemudian berpotensi membebani APBN," ujarnya.

Di sisi lain, dia tak memungkiri bahwa kabinet yang akan menjalankan pemerintahan nantinya tak berbeda jauh dengan kabinet Presiden Joko Widodo Jokowi (Jokowi).

Baca juga: Hashim Djojohadikusumo Bicarakan Kemungkinan PDIP Gabung Kabinet Prabowo: Tunggu Petunjuk Ibu Mega

Menurut Hendri, hal itu ditunjukkan dari 17 menteri era Jokowi yang dipanggil oleh Prabowo untuk mengisi kembali kursi di kabinet.

Hal ini memperlihatkan bahwa Jokowi mewariskan banyaknya utang dan program-programnya kepada Prabowo.

"Menurut saya Pak Prabowo mungkin kalau dengan komposisi kabinet seperti yang kemarin kita lihat, maka akan meneruskan cara-cara rezim utangnya Pak Jokowi itu untuk melaksanakan pekerjaan-pekerjaan, program-program atau proyek-proyeknya," ucap Hendri.

"Sehingga kalau saya lihat ini ada kecenderungan Pak Prabowo yang penting dia dilantik dulu, nanti kalau kemudian sudah dilantik, dia sudah merasa nyaman baru lah ada gerakan-gerakan politik untuk menjadikan dirinya memang leaders yang memang diharapkan oleh rakyat Indonesia," tuturnya.

Meski begitu, Hendri mengaku tetap optimistis dan memberikan kesempatan kepada Prabowo untuk menjalankan pemerintah serta kabinetnya.

"Saya katakan ya, memang kita harus memberikan kesempatan kepada Pak Prabowo untuk mengandalkan pemerintahannya dan memberikan kesempatan kepada Pak Prabowo memimpin kabinet," imbuhnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini