News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pelantikan Prabowo dan Gibran

Kapolri Terjunkan 8 Satgas Antisipasi Aksi Demo saat Pelantikan Prabowo-Gibran 20 Oktober 2024

Penulis: Abdi Ryanda Shakti
Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Panglima TNI Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan pemeriksaan pasukan dalam apel pengamanan pelantikan presiden di Silang Monas, Jakarta Pusat, Jumat (18/10/2024).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengantisipasi hal-hal yang berpotensi akan mengganggu jalannya pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Minggu (20/10/2024) mendatang.

Salah satunya yakni mengantisipasi adanya kegiatan aksi unjuk rasa dari kelompok-kelompok yang bisa mengganggu jalannya pelantikan.

Polri akan mengerahkan delapan satuan tugas (satgas) dari Korps Bhayangkara.

"Tentu yang harus kita antisipasi adanya potensi masyarakat yang akan melaksanakan kegiatan tentunya ada yang ikut bergabung dalam menyambut rencana pelantikan termasuk mungkin mendoakan," kata Sigit kepada wartawan usai apel pengamanan di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Jumat (18/10/2024).

Baca juga: 13 Panggung Pesta Rakyat Ramaikan Pelantikan Presiden Terpilih di Jalan Sudirman Jakarta Pusat

"Di sisi lain juga ada kelompok-kelompok yang kita pantau yang akan melaksanakan kegiatan aksi," sambungnya.

Sigit menyebut nantinya sebanyak 15 ribu anggota Polri yang akan disiagakan untuk mengamankan jalannya kegiatan pelantikan hingga selesai yang disebar di sejumlah titik.

Selain pengamanan area, Sigit mengatakan pihaknya juga telah menyiapkan skema pengamanan rute yang akan dilalui para pejabat negara. 

Rekayasa lalu lintas pun sudah dipersiapkan.

"Oleh karena itu, kami dengan Panglima TNI akan terus bekerja untuk memitigasi, meminimalisir dan juga terkait dengan rencana pelantikan," tuturnya.

Seperti diketahui, Ketua MPR RI Ahmad Muzani mengungkapkan, pelantikan presiden-wakil presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming, akan dilaksanakan pada 20 Oktober 2024 pada pukul 10.00 WIB, di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta.

Hal itu sebagaimana hasil rapat gabungan pimpinan MPR RI pada Rabu (9/10/2024).

"Rencananya pelantikan Presiden dan Wakil Presiden hasil pemilihan umum 2024 akan dilaksanakan pada 20 Oktober pada hari Minggu jam 10 pagi di Gedung DPR-MPR di Gedung Nusantara," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Baca juga: Satu Jam Lebih Bertemu Ketum Parpol di Kemhan, Prabowo Minta Jajarannya Gerak Cepat usai Pelantikan

Selain dihadiri Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin, MPR akan mengundang para kontestan Pilpres 2024 lalu. 

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini