News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

GAD Luncurkan All New Jaguar F-Type

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Sanusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Jaguar F-Type

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Grandauto Dinamika (GAD) meruilis mobil sport berperforma tinggi, Jaguar F-Type.

Mobil convertible dua pintu ini menawarkan teknologi terkini dan material terbaik di kelasnya. Desain yang ditawarkan cukup indah dengan atap soft-top yang dapat dibuka tutup. Rekayasa engineer Jaguar menghasilkan arsitektur Jaguar F-Type bermaterial aluminium ringan namun kokoh.

Darwin Maspolim, Chief Operation Officer Grandauto Dinamika, menuturkan pengembangan arsitektur Jaguar memungkinkan distribusi bobot yang ideal, sehingga kedinamisan berkendara dapat dieksplorasi hingga titik puncak.

"Bahasa desain Jaguar yang sederhana, harmonis, sporty, sekaligus atletis juga tertuang pada bodi F-Type dari bagian depan hingga belakang," kata Darwin, Kamis (19/9/2013).

Darwin mengatakan, terinspirasi dari mobil konsep C-X16 yang hadir pada 2011, Jaguar F-Type terlihat indah dari segala sisi sudut pandang. Interpretasi baru terlihat pada bentuk grille yang bersudut dan seolah menyatu dengan bonnet yang dilengkapi power bulge.

Lampu utama Jaguar F-Type sudah mengaplikasikan Bi-Xenon dan dilengkapi LED Daytime Running Lights (DRL). Velgnya eksklusif dengan ukuran 20 inci yang berkesan sporty.

Sisi samping bodi F-Type memiliki lekuk yang sensual dan bersih. Sementara bagian belakangnya terdapat lampu rem yang ramping, yang berkesan klasik modern. Lampu rem tersebut semuanya menggunakan LED.

"Desain spoiler belakang juga secara penampilan tampak indah dan futuristik untuk mendukung kestabilan saat kecepatan tinggi," ucapnya.

Untuk dapur pacunya, Jaguar F-Type mengusung mesin V6 3.0 liter yang memiliki tenaga sebesar 380 PS. Dilengkapi pula dengan fitur supercharger dan teknologi stop/start untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar. Mesinnya dipadukan dengan transmisi Sequential Shift 8-speed dan dilengkapi dengan Paddle-shifter, sehingga perpindahan transmisi bisa dilakukan dibalik lingkar kemudi.

Mesinnya yang memproduksi tenaga 380 PS tersebut memiliki torsi 375 Nm. Tenaga tersebut membuatnya sangat responsif dengan akselerasi 0-100 km per jam yang bisa dicapai dalam tempo 4,9 detik dan akselarasi 80 km per jam - 120 km per jam hanya butuh waktu 3,1 detik.

Untuk kecepatan maksimalnya atau top speed dari mobil yang dilengkapi active exhaust ini adalah 275 km per jam dengan emisi gas Co2 buang rendah yaitu 213 gram per km.

Jaguar F-Type juga memfokuskan pada kesenangan pengemudi. Terinspirasi dari kokpit pesawat, sedan mewah ini menekankan tata letak kabin yang asimetris. Semua panel instrumen dibuat ergonomis yang ditujukan pada kenyamanan pengemudi.

Inspirasi dalam aeronautica atau penerbangan juga bisa dilihat pada tuas transmisi sportshift yang berbentuk joystik. Desain ini menjadikan posisi tuas transmisi paddle-shift mudah dijangkau dan dioperasikan pengemudi.

Dynamic Launch Mode adalah fitur canggih dan unik yang disematkan pada Jaguar F-Type untuk akselerasi secara otomatis. Cara kerjanya, dalam keadaan berhenti dan pengemudi menginjak pedal rem, sampai di layar terdapat 'Dynamic Launch Ready', kemudian lepaskan rem, dan secara otomatis mobil akan berakselerasi tanpa pengemudi menginjak pedal gas.

Sebagai sistem keselamatan dan keamanannya, Jaguar F-Type telah dilengkapi sistem pengereman yang sangat memadai. Misalnya penggunaan rem dengan disc brake berukuran besar 380 mm di depan dengan caliper berwarna merah dan disc brake berukuran 325 mm di roda belakang. Fitur keamanan lainnya adalah telah dilengkapi dengan ABS, Electronic Brake Force Distribution dan Emergency Brake Assist.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini