News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Mobil Murah

Beli Mobil Murah Sama Saja dengan Predator

Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pengunjung memadati stan mobil pada pembukaan International Indonesia Motor Show (IIMS) 2013 di JIExpo Kemayoran, Jakpus, Kamis (19/9/2013). Pada pameran tersebut hampir semua Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) mengeluarkan mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC) yang dijual rata-rata di bawah Rp. 100 juta. (Tribun Timur/Muhammad Abdiwan)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Dewan Transportasi Jakarta (DTJ) Tulus Abdi menyamakan masyarakat yang membeli mobil murah ramah lingkungan atau low cost green car (LCGC) sama dengan predator.

"Ya kalau kita membeli mobil itu, kita sama saja dengan predator," ujar Tulus dalam dialog Polemik yang digelar di Warung Daun Cikini, Jakarta, Sabtu (28/9/2013).

Tulus yang juga Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) ini mengatakan demikian lantaran kebijakan mobil murah yang tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 41 tahun 2013 ini adalah kebijakan predator, yang menggerogoti transportasi massal.

"Sekarang lihat saja, kebijakannya saja predator. Tentu yang membeli juga akan menjadi predator terhadap angkutan umum," tutur Tulus.

Keberadaan mobil murah ini juga banyak dikritisi oleh sejumlah Kepala Daerah, salah satunya adalah Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang secara tegas mengatakan kebijakan mobil murah adalah kebijakan yang salah.

"Mobil murah itu salah. Yang benar itu angkutan umum murah," kata Joko Widodo beberapa waktu lalu.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini