News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

GIIAS 2017

Irit, Baleno Hatchback Transmisi Manual Bisa Tempuh Jarak 22,17 Km Per Liter Bahan Bakar

Penulis: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Baleno hatchback saat di-test drive media, baru-baru ini.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gacoan anyar Suzuki Baleno hatchback yang diluncurkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di hari pertama penyelenggaraan pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 menyandang mesin dengan tipe yang sama seperti yang terpasang di MPV Suzuki Ertiga varian bensin dan di sedan Suzuki Ciaz. 

Mesin tersebut berkode K14B. Mesin empat silinder segaris DOHC dengan VVT ini dikenal mesin yang sangat efisien bahan bakar berdasarkan pengalaman banyak pemakai Suzuki Ertiga di berbagai forum diskusi klub dan di media sosial. 

Mesin berkapasitas 1.373 cc saat dipasang di Baleno hatchback di-setting mampu menyemburkan tenaga maksimum 92,4 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 130 Nm pada 4.200 rpm.

Suzuki menyebutkan, pada Baleno hatchback varian transmisi matik, mesin ini mampu menempuh jarak 20,66 km untuk setiap satu liter bahan bakar yang diasupnya.

Baca: Fitur MID di Baleno Hatchback Bisa Tampilkan Enam Layar Berbeda

Sementara pada varian transmisi manual, jarak tempuhnya lebih jauh lagi, mencapai 22,17 km/liter bahan bakar.

Data ini mengacu pada hasil uji tes yang dilakukan oleh Balai Teknologi Termodinamika Motor dan Propulsi (BT2MP) yang dikeluarkan bulan Januari 2017 atas Baleno hatchback.

Keiritan konsumsi bahan bakar Baleno hatchback juga ditunjang oleh aplikasi platform generasi terbaru 'HEARTECT' yang menghadirkan fundamental performa kendaraan yang tak hanya ringan, tapi juga lebih kokoh.

Bobot ringan yang diandalkan HEARTECT berdampak pada semakin efisiensi dalam penggunaan bahan bakar, sehingga lebih lincah ketika melakukan akselerasi, berbelok dan juga melakukan pengereman.

Sangat berbeda dengan generasi sebelumnya, struktur bodi ini juga lebih bagus menyerap benturan saat terjadi kecelakaan. Berkendara makin nyaman ketika berada di kecepatan tinggi dan juga ketika menikung di berbagai kondisi jalan.

Fitur Keamanan

Baleno hatchback ditunjang fitur keamanan seperti Dual SRS Airbag untuk penumpang baris depan.

Fitur keamanan lainnya adalah Antilock Braking System (ABS), yang membuat ban tidak terkunci saat pengemudi melakukan pengereman mendadak.

Berikutnya adalah fitur Electronic Brakeforce Distribution (EBD) membuat pengereman lebih efektif dan lebih pendek, serta Brake Assist (BA) yang membantu pengemudi merasakan tekanan yang lebih ringan pada kaki saat menekan pedal rem.

Suzuki juga mengaplikasikan Suzuki Total Effective Control Technology (TECT), keselamatan standar melindungi penumpang ketika terjadi benturan. TECT ini bekerja meredam benturan dengan baik meski materialnya memiliki bobot yang ringan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini