News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Selain Nyaman Buat Lompat-lompat Medan Off Road, BMW G 310 GS Juga Asyik untuk Motor Harian

Penulis: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

BMW G 310 GS yang diluncurkan hari ini di The Cove, BSD City, Tangerang Selatan. BMW G 310 GS merupakan motor untuk segmen adventure entry level dan dibanderol Rp 125 juta off the road Jabodetabek.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Para motor adventure sedang tumbuh kuat di Indonesia saat ini. Karenanya, BMW Motorrad Indonesia di awal tahun 2018 ini berani membuat gebrakan menarik dengan menghadirkan BMW G 310 GS, motor kelas 300-an cc untuk masyarakat urban pecinta adventure.

Motor bongsor model trail ini diluncurkan di kawasan The Cove, BSD City, Tangerang Selatan, Banten, hari ini, Sabtu (20/1/2018) untuk merespon tingginya permintaan pasar terhadap motor adventure di Tanah Air.

Sebagai sebuah motor tipe adventure, BMW G 310 GS nggak semata dirancang untuk medan off road, tapi juga untuk medan on road.

Karenanya, motor ini bisa menjadi teman yang asyik untuk pemakaian harian. Karenanya, BMW Motorrad dengan percaya diri menyematkan tagline di motor ini, Urban Adventurer.

BMW Motorrad Indonesia memposisikan motor ini di segmen entry level untuk motor kategori adventure dengan harga jual terjangkau untuk ukuran motor adventure merek Eropa, yakni Rp 125 juta off the road Jabodetabek.

Joe Frans, Chief Executive Officer BMW Motorrad Indonesia di sela acara peluncuran mengatakan, respon konsumen terhadap motor ini cukup bagus. Sejak diperkenalkan pada akhir 2017 lalu, inden terhadap motor ini mencapai sekitar 50 unit.

"Penjualan motor segmen ini cukup besar di Indonesia dan merupakan segmen baru di sini. Kalau dilihat dalam beberapa bulan ini respon pasar cukup baik, tapi masih di bawah ekspektasi karena soal harga kita nggak mungkin main di harga di bawah Rp 100 juta," kata Joe Frans.

Dia menambahkan, motor tipe adventure di kelas 300 cc terbilang segmen baru di Indonesia karena rata-rata kompetitornya di sini bermain di 250 cc. 'Kaenanya, BMW 310 GS ini bisa menjadi alternatif buat pecinta adventure untuk memiliki kendaraan dengan harga lebih terjangkau," kata Joe Frans.

"Kondisi alam Indonesia sangat mendukung, kalau kita pergi ke daerah, ada banyak spot yang menantang untuk berpetualang.  Motor adventure ini sedikit berbeda dari segmen trail karena tipe ini untuk medan jalan yang tidak terlalu berat," lanjutnya.

BMW Motorrad sebenarnya sudah sejak lama main di motor adventure.

"BMW melihat pasar Asia sangat menjanjikan untuk motor adventure ini. Tapi market selama ini dikuasai oleh pabrikan Jepang yang bermain di mesin dengan cc lebih kecil. Nah, sekarang BMW masuk dengan cc lebih besar lewat motor ini," tandasnya.

BMW Motorrad G 310 GS menyandang mesin berkapasitas 313 cc dengan tenaga maksimum 34 horse power. Engine ini dirancang dengan konfigurasi kepala silinder yang dibalik 180 derajat.

Konfigurasi ini memberikan center of gravity yang lebih rendah sekaligus membuat bobot motor menjadi lebih banyak tertumpu ke roda depan untuk mendapatkan pengendalian (handling) yang lebih baik.

Di komponen hardware, BMW G 310 GS menggunakan komponen rangka yang juga sama persis seperti diaplikasikan di BMW G 310 R. Perbedaannya ada pada suspensinya, yang mendapatkan tambahan travel.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini