News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pengamat Ungkap Fakta Menyedihkan Dibalik Euforia Tol Trans Jawa

Editor: Ilham F Maulana
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Jalan Tol Trans Jawa dari Merak hingga Pasuruan.

TRIBUNNEWS.COM- Tol Trans Jawa atau Merak-Surabaya sepanjang 1.167 km, akan mulai beroperasi penuh mulai hari ini, Kamis (20/12/2018).

Rencana pembangunan yang sudah diwacanakan sejak pemerintahan Presiden Soeharto, dan baru bisa dilaksanakan di era pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Akan tetapi ada sejumlah fakta menyedihkan dari euforia rampungnya Tol Trans Jawa tersebut.

Pengamat transportasi dari Unika Soegijapranata Semarang, Djoko Setijowarno, mengungkapkan hal tersebut.

Masih punya motor ini enggak, Sob? Yuk baca berita lengkapnya di GridOto.com (klik link di bio) #motor #motorlegendaris #motorjadul #vespa #yamaharxking #viral #videoviral #gridoto #gridmotor #otomotif #otomania #motorplus #jip #otomotifweekly #gridnetwork

Menurutnya Tol Trans Jawa bisa memberikan manfaat, tapi juga dapat memberikan kerugian jika tidak dikelola secara profesional.

"Dengan beroperasinya Tol Trans Jawa memang akan mengurangi pendapatan beberapa restoran dan SPBU, misalnya yang berada di jalan arteri nasional Kendal-Batang," ujar Djoko kepada GridOto.com, Rabu (19/12/2018).

"Restoran di ruas ini menjadi tempat persinggahan BUS AKAP dari Jatim dan Jateng menuju Jakarta dan sekitarnya," lanjutnya.

Djoko menambahkan, ada masyarakat yang berprofesi buruh tani yang kehilangan pekerjaannya akibat proyek tersebut, perlu diinventarisasi dan dicarikan pekerjaan baru.

HALAMAN SELENGKAPNYA >>>>>

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini