News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

BI Bebaskan Uang Muka untuk Kredit Kendaraan Bermotor Ramah Lingkungan

Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Gubernur BI Perry Warjiyo.

Laporan Reporter Kontan, Bidara Pink

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kabar baik datang dari Bank Indonesia (BI). Bank sentral rencananya akan merelaksasi ketentuan uang muka kredit kendaraan bermotor berwawasan lingkungan per 1 Oktober 2020 mendatang.

Gubernur BI Perry Warjiyo, mengatakan, BI akan menghapus ketentuan minimum uang muka (down payment) alias DP 0% dalam pemberian kredit/pembiayaan kendaraan bermotor (KKB/PKB) berwawasan lingkungan.

"BI akan menurunkan batasan minimum uang muka dari kisaran 5% - 10% menjadi 0%," jelas Perry dalam video conference, Rabu (19/8/2020).

Soal ketentuan khusus terkait kendaraan berwawasan lingkungan yang dimaksud, Perry mengatakan kalau bank sentral tidak mengeluarkan ketentuan tersebut. 

Baca: Toyota Luncurkan All New Corolla Cross, Warisi DNA Corolla yang Fun dan Ramah Lingkungan

Otoritas moneter menyerahkan segala hal terkait klasifikasi kendaraan ramah lingkungan kepada pemerintah.

Namun, hingga sejauh ini, Perry mengatakan kalau kendaraan ramah lingkungan yang dimaksud antara lain kendaraan bermotor tenaga listrik.

Baca: Pertamina Produksi Solar hingga Avtur Kelapa Sawit untuk Dukung Energi Ramah Lingkungan

"Nanti pemerintah yang akan menetapkan. kami mengikuti saja, mana yang termasuk kendaraan bermotor yang ramah lingkungan," tambahnya.

Lebih lanjut, relaksasi ini juga merupakan salah satu bentuk sinergi antara BI, pemerintah, dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mendorong perekonomian lewat rangsangan permintaan kredit.

Relaksasi ini juga akan dilakukan dengan tetap memperhatikan kaidah-kaidah yang berlaku, prudent, dan akan dikelola dengan prinsip kehati-hatian sambil mempererat koordinasi dengan pemerintah dan otoritas terkait.

Sebagai tambahan informasi, ini bukan kali pertama BI memangkas uang muka kredit kendaraan bermotor berwawasan lingkungan.

Pada September 2019 silam, BI sudah menurunkan uang muka kendaraan bermotor berwawasan lingkungan dari 20% - 25% menjadi 5-10 persen.

Artikel ini tayang di Kontan dengan judul Kabar gembira! Kredit kendaraan bermotor ramah lingkungan bakal bebas uang muka

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini