News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Mercedes-Benz Kenalkan Bus Antar Kota Hybrid Intouro K 48V

Penulis: Mikael Dafit Adi Prasetyo
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Bus Mercedes-Benz Intouro

Laporan Wartawan Tribunnews, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, BRUSSELS – Daimler memperkenalkan Mercedes-Benz Intouro dengan modul hibrida untuk transportasi antar kota serta untuk kombinasi layanan bus rute reguler dan tur.

Dikutip dari Greencarcongress.com, Jumat (15/4/2022) modul hybrid tersedia untuk semua model dua gandar dengan transmisi otomatis yang menampilkan konverter torsi dari rangkaian Intouro yang luas.

Modul hybrid ini memulai debutnya di bus antar kota di Intouro K baru. 

Fungsi dasar teknologi hybrid di bus Intouro sangat sederhana, yakni ada sebuah motor listrik tambahan yang bertindak sebagai alternator selama fase pengereman dan overrun kendaraan.

Motor listrik ini kemudian mengubah energi pengereman menjadi listrik.

Baca juga: Mercedes-Benz Sukses Uji Coba Mobil Listrik Hemat Energi EQXX

Arus ini disimpan dan tersedia untuk motor listrik guna mendukung mesin pembakaran, terutama saat bergerak, tetapi juga saat berakselerasi.

Salah satu komponen kunci dari penggerak hybrid ini adalah motor listrik berbentuk cakram dan terintegrasi antara mesin pembakaran dan transmisi otomatis dengan output 14 kW dan torsi 220 N·m.

Baca juga: Produksi Truk dan Bus Daimler di Brasil Macet Karena Semikonduktor, 5.600 Karyawan Diliburkan

Sementara mesin diesel OM 936 berkapasitas 7,7 liter mampu menghasilkan output opsional 220 kW (299 hp) atau 260 kW (354 hp).

Motor listrik membantu mesin saat membutuhkan output tinggi, terutama saat bergerak. Namun, hal itu tidak mengubah tenaga mesin, sehingga spesifikasi performa dan torsi kendaraan tetap tidak berubah.

Baca juga: Bus Mercedes-Benz Euro 4 Akan Diluncurkan Tahun Depan, Apa Kabar Versi Listriknya?

Sebaliknya, motor listrik mendukung mesin pembakaran dan meningkatkan kinerjanya.

Selain itu, dorongan oleh motor listrik pada kecepatan idle meningkatkan efisiensi mesin pembakaran. Kedua faktor ini bersama-sama menghasilkan pengurangan konsumsi bahan bakar.

Mengutip dari Busworldeurope.org, Daimler menyediakan empat varian transmisi, yakni transmisi manual enam kecepatan, transmisi otomatis penuh Mercedes-Benz PowerShift atau transmisi otomatis dengan konverter torsi dari Voith dan ZF.

Intouro K juga dibekali 'Active Brake Assist 5' (ABA 5) dan Sideguard Assist yang memperingatkan pengemudi saat ada orang dan rintangan ketika akan berbelok.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini