News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kendaraan Listrik

Tinjau xEV Center Milik Toyota, Menperin Sebut Strategi Tepat Implementasi Elektrifikasi

Penulis: Lita Febriani
Editor: Seno Tri Sulistiyono
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kunjungan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita ke pusat pembelajaran elektrifikasi xEV Center milik Toyota di Pabrik Toyota, Karawang, Jawa Barat, Selasa (21/2/2023).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, KARAWANG - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, melakukan kunjungan ke pusat pembelajaran elektrifikasi milik Toyota Indonesia, yakni xEV Center yang didirikan di lokasi pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Karawang 3, Jawa Barat.

Menperin menyampaikan xEV sesuai dengan strategi Toyota untuk mengimplementasikan target green product.

"Hari ini saya berkesempatan meninjau EV Learning Center, sebuah fasilitas yang menurut pandangan kami sangat penting untuk ditampilkan, untuk memberikan edukasi, sosialisasi bagi masyarakat, termasuk secara umum strategi dari perusahaan Toyota berkaitan dengan bagaimana Toyota mengimplementasikan target green product," tutur Agus saat di Pabrik Toyota, Karawang, Selasa (21/2/2023).

Baca juga: Percepat Ekosistem Kendaraan Listrik, Pemerintah Pilih Standarisasi Baterai Swap untuk Motor Listrik

Green product yang dimaksud di sini ialah produk-produk ramah lingkungan, mulai dari Hybrid, Plug-in Hybrid dan Battery Electric Vehicle (BEV) atau mobil listrik murni.

"Fasilitas dari EV Learning Center yang dibuka untuk publik ini sangat baik. Memberikan gambaran pentingnya kita mengarah kepada green mobility. Baik itu full EV atau kita sebut pure cell. Tapi intinya arahnya kesana. Karena kita merupakan anggota dari komunitas dunia yang sama-sama punya komitmen untuk menekan karbon," ungkap Agus.

xEV Center didirikan di lokasi pabrik TMMIN Karawang 3 dengan luas area saat ini 600 m2. Proses pembangunan fase pertama berlangsung sejak Juli 2020.

Bentuk arsitektur xEV Center dengan pola Triangle Shape terinspirasi dari kolaborasi triple helix.

Huruf x di depan EV sebagai kepanjangan elektrifikasi merupakan wujud ragam teknologi elektrifikasi yang sudah ada.

Selain itu, x menunjukkan fleksibilitas kendaraan elektrifikasi, sehingga dapat menggunakan berbagai pilihan teknologi baik hybrid, battery, plug in dan juga fuell cell, sehingga xEV Center dapat mendukung advokasi publik dengan ragam informasi teknologi elektrifikasi.

xEV Center difokuskan untuk menyajikan beragam informasi terkait elektrifikasi dengan berbagai fasilitas diantaranya HEV, PHEV, BEV Showcase and Driving Experience. Kedua, xEV Cut Body. Ketiga, xEV Main Component (Battery, Power Control Unit (PCU), Transaxle) dan keempat Outdoor Charging Station.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini