News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pasar Mulai Pulih, Hino Incar Jual 500 Sasis Bus Besar Hingga Akhir 2023

Penulis: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Sasis bus space frame dengan air suspension di Karoseri Laksana, Ungaran.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menargetkan penjualan 500 unit sasis bus besar sampai akhir 2023.

COO Director PT HMSI Santiko Wardoyo mengatakan, data wholesales menunjukkan sejak Januari sampai Juni 2023 Hino telah membukukan penjualan 353 unit bus besar. Dengan pencapaian tersebut, Santiko optimistis target penjualan 500 unit akan bisa dicapai.

"Sampai akhir tahun masih oke kalau target 500 unit," ujarnya menjawab pertanyaan Tribunnews di sela acara peluncuran nama baru line up kendaraan komersial Hino di kantornya, Senin 10 Juli 2023.

Penjualan bus Hino didominasi oleh bus-bus tipe mesin belakang seperti Hino RK280 STD Euro4, RK280 ABS Euro4, RM280 STD Euro4 dan RM280 ABS Euro4.

Bus-bus tipe ini banyak diserap perusahaan transportasi antar kota dalam provinsi (AKDP) dan angkutan antar kota antar provinsi (AKAP) termasuk untuk armada bus malam dan bus pariwisata.

HMSI juga memasarkan bus besar bermesin depan Hino AK240 STD Euro4 yang banyak dioperasikan sebagai armada bus angkutan antar kota bumel.

Mengutip data yang dipublikasikan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) 2023, Hino membukukan penjualan 35 unit untuk sasis bus RM280 STD.

Baca juga: Dua Sasis Bus Premium B11R dan B8R Euro V dari Volvo Buses Resmi Meluncur di Indonesia

Santiko mengatakan, bisnis transportasi bus kembali menggeliat sejak status PPKM karena pandemi Covid-19 dicabut Pemerintah. Dia menilai penjualan sasis bus agak terlambat pulih ketimbang penjualan truk lantaran pandemi. 

Santiko mengatakan, di segmen bus medium, pihaknya mendapat respon positif dari pasar untuk penjualan bus Hino GB150 transmisi otomatis. "Untuk bus Hino GB yang matic bagus penerimaan pasarnya," kata dia.

Hino GB150 merupakan varian sasis bus medium terbaru dari Hino dan dipasarkan dalam empat versi, masing-masing dibedakan oleh panjang sasis dan pilihan transmisinya. Yakni GB150 Euro4, GB150 L Euro4, GB150 AT Euro4 dan GB150 L AT Euro4.

Secara total, untuk tahun 2023 HMSI menargetkan penjualan 32.900 unit sasis bus dan truk di Indonesia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini