News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Menjajal Performa TVS Ronin di Trek 695 Km, dari Surabaya, Bromo Hingga Bali

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Seno Tri Sulistiyono
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

PT TVS Motor Company Indonesia (TVS-MCI) menguji ketangguhan motor terbaru TVS Ronin menelusuri trek menantang dari Surabaya menuju Bali selama 5 hari mulai 31 Juli – 5 Agustus 2023.

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT TVS Motor Company Indonesia (TVS-MCI) menguji ketangguhan motor terbaru TVS Ronin menelusuri trek menantang dari Surabaya menuju Bali selama 5 hari mulai 31 Juli – 5 Agustus 2023.

Touring bertajuk #UnscriptedTouringIndonesia ini diikuti media dan komunitas TVS menempuh dua etape.

Etape pertama start dari Surabaya menuju Banyuwangi, disusul etape kedua dari Banyuwangi menuju Denpasar dan finish di acara puncak seremoni peluncuran TVS Ronin di Gunung Payung Beach, Kituh, Kuta Selatan, Sabtu 5 Agustus 2023.

Baca juga: Spesifikasi TVS Ronin, Motor Sport Bergaya Modern-Retro yang Mendebut di Jakarta Fair 2023

Etape 1, Surabaya- Banyuwangi start daru cabang TVS The RideShop Surabaya pada Senin 31 Juli 2023 dengan check point pertama di TVS Gresik kemudian menuju Cangar-Batu-Malang dengan total jarak tempuh 160 km. Jalur ini merupakan jalur pegunungan dengan kontur jalan yang turun naik serta berkelok-kelok cukup ekstrim menembus kawasan hutan Tahura R. Soerjo.

Jalur ini juga menguji kemampuan handling dan performa TVS Roninsesuai dengan filosofi  'Live the Unscripted life' yang menyiratkan sebagai motor berkemampuan unik, baik di kota dan di jalan terbuka.

Hari kedua, riders memulai perjalanan dari Malang menuju Tumpang lalu Cemoro Lawang menuju Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Rute ini biasa disebut rute Gubuk Lakah.

Bermodal torsi yang besar dan profil ban yang sudah semi dual-purpose, motor ini tidak sulit melewati medan.

Ketika menemukan area pasir yang lebih labil menjadi tantangan skill peserta yang cukup menjaga keseimbangan motor dan putaran mesin. Terlebih lagi Crash guard yang terpasang membuat para rider lebih percaya diri melalui hamparan pasir halus kawasan Pasir Berbisik.

Hari ketiga, menempuh rute 280 km menyusuri pesisir utara Jawa Timur tentunya akan menguji endurance dan durability motor ini beserta ridernya.

Motor dengan mesin satu silinder 225 cc SOHC, 4 langkah, dengan transmisi manual 5 percepatan tetap asyik diajak berkendara jarak jauh, menjadikannya sebagai motor sport yang memiliki performa Power to Weight Ratio terbaik di kategorinya.

Motor ini juga dilengkapi fitur dan teknologi unik untuk mengakomodasi kondisi hujan dan rem pada mode ABS untuk trek di perkotaan, Glide Through Technology (GTT) serta konektivitas Smart Bluetooth dengan bantuan perintah suara dan pengendaraan.

Etape ke-2 dari Banyuwangi menuju Bali menempuh jarak 190 km melintasi beberapa kondisi jalan beragam, mulai dari pesisir pantai sampai melewati wilayah Bedugul dengan ketinggian 1.250 meter di atas permukaan air laut.

Motor ini diuji melewati kemacetan yang padat dikarenakan adanya rangkaian perayaan Hari Raya Galungan. Dual mode Rain dan Urban dinyalakan di posisi urban, yang sangatlah cocok untuk karakter riding stop and go.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini