News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ngetrip, Penumpang Bus Pariwisata Duduk di Atap, Bos PO Sumber Alam: Itu Bukan Armada Kami!

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Anthony Steven Hambali, pemilik PO Sumber Alam membantah bus pariwisata yang membawa penumpang duduk di atap bus saat sedan melaju sebagai armadanya. Bus tersebut pernah dimiliki PO Sumber Alam tapi sudah dijual ke pihak ketiga.

Laporan Wartawan Tribunnews.com Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA –  Pemilik bus PO Sumber Alam Purworejo, Jawa Tengah, sibuk mengklarifikasi beredarnya video viral sebuah bus pariwisata Legacy SR-1 dengan livery mirip PO Sumber Alam, membawa rombongan wisata dengan aksi penumpang duduk di atap bus saat sedang melaju di jalan raya.

Anthony Steven Hambali, pemilik PO Sumber Alam membantah bus tersebut adalah milik perusahaannya. Dia mengakui, bus tersebut dulunya merupakan armada AKAP PO Sumber Alam.

Namun pihaknya sudah menjual bus tersebut ke pihak ketiga.

Saat video aksi penumpang bus pariwisata tersebut viral di media sosial diketahui nama identitas bus tersebut adalah Edi Trans, dengan livery biru eks PO Sumber Alam yang tetap dipertahankan.

Dalam postingan foto yang unggah akun Instagram @wannaesteh tampak dengan jelas bus berwarna biru abu bermesin Mercedes-Benz melaju di jalanan sambil mengangkut seorang mania yang sengaja duduk di atas atap bus.

Aksi ini memicu amarah para netizen lantaran tindakan tersebut sangat membahayakan keselamatan yang bersangkutan maupun pengguna jalan lainnya.

Baca juga: Bus Telolet Oleng Bikin Resah, Ngetrip Bareng Mania Pamerkan Aksi Nyetir Pakai Kaki

Bus pariwisata dengan nama Edi Trans tersebut diketahui berplat nomor AA 1557 GC.

“Mohon di tindak pak ini bus2 yang oleh-oleh dan meresahkan. Setiap trip maniak-maniak selalu saja tidak beres @dishub_cilegon mohon di tindak lanjuti,” tulis akun @arjunobudi

“udahmah norak, ga ngerti keselamatan,” kata @mwh.jpg27.

Tak dijelaskan secara spesifik lokasi kejadian bus tersebut.

Baca juga: Aksi Driver Bus NPM Beri Tumpangan ke Ibu Bawa Balita di Tengah Hujan Deras Bikin Haru Netizen

Namun menurut unggahan lain dari akun @videobusindonesia_ bus itu mengangkut rombongan trip bus mania yang akan melakukan perjalanan trip ke Anyer.

PO Sumber Alam buka suara

Banyak netizen beranggapan bahwa bus pariwisata berwarna biru abu ini merupakan bagian armada PO Sumber Alam. Ini karena body dan interior luar dari bus itu tampak mirip seperti armada bus PO Sumber Alam lainnya yang berbasis di Purworejo, Jawa Tengah.

Menanggapi ramainya isu miring tersebut, bos PO Sumber Alam, Anthony Steven Hambali akhirnya buka suara.

Dalam postingan di akun Facebook-nya, Selasa, 16 Januari 2024, Anthony menegaskan bahwa bus pariwisata dengan atraksi penumpang duduk di atap bus tersebut bukan armada miliknya.

Baca juga: Viral, Penumpang Bus Sinar Jaya 59G Diturunkan Kru di Tengah Jalan, Alasannya Beda Jalur

Anthony mengaku prihatin atas aksi berbahaya yang dilakukan pengemudi dengan membawa penumpang diatas atap.

“Saya prihatin sekali, kejadian ini menunjukkan bahwa belum semua pengemudi atau penyewa sadar akan keselamatan berkendara,” kata Anthony di postingannya di facebook.

“Saat ini foto seperti ini sudah dapat menjadi bukti tilang, namun tilang tidak menyelesaikan masalah. Pengemudi dan pelaku harus mendapat pembinaan supaya sadar perilakunya membahayakan diri dan orang lain,” tulisnya di facebook.

https://www.facebook.com/anthonysteven.id

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini