News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pemerintah Susun Aturan Penghentian Penjualan Mobil Konvensional dan Insentif Diskon Harga EV

Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves Rachmat Kaimuddin

 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah berencana menghentikan penjualan mobil konvensional berbasis internal combustion engine (ICE) atau mobil mesin bensin serta akan memberikan diskon harga untuk mobil listrik.

Rencana tersebut sedang dirumuskan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) untuk mendukung implementasi peta jalan sektor otomotif Indonesia.

Salah satu kebijakan yang disiapkan pemerintah adalah larangan penjualan kendaraan konvensional baru sebagai upaya percepatan adopsi kendaraan listrik atau battery electric vehicle (BEV).

Deputi Bidang Koordimasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves Rachmat Kaimuddin menyatakan, pihaknya terus menggodok mekanisme kebijakan pelarangan penjualan kendaraan konvensional.

Dalam hal ini, pemerintah menargetkan pada 2045 nanti tidak ada lagi mobil ICE baru yang dijual di pasar domestik. Di atas kertas, rencana penghentian penjualan mobil konvensional itu cukup menantang kendati kebijakan ini baru berlaku 21 tahun lagi.

Mayoritas mobil baru yang dijual di pasar Indonesia masih berbahan bakar fosil.

Diskon harga mobil listrik

Dilansir dari Kompas.com, memasuki akhir kuartal III/2024, sejumlah pabrikan otomotif memberikan program potongan harga atau diskon besar pada produk mobil listrik berbasis baterai (battery electric vehicle/BEV).

Model yang ditawarkan pada segmen tersebut meliputi Wuling Air EV, Wuling Bingou EV, Wuling Cloud EV, Omoda E5, dan Hyundai Ioniq 5 bagi produk paling tingginya.

Sementara untuk besaran diskon yang diberikan, cukup beragam pada rentang Rp 15 juta hingga Rp 60 jutaan tergantung model serta varian.

Penawaran pertama datang dari Chery dengan BEV pertama yang sekaligus jadi andalannya, yaitu Omoda E5. Dipasarkan dengan harga mulai Rp 419 jutaan, diskon atau potongan harga Omoda E5 sebesar Rp 15 juta.

"Kalau ngambil Omoda 5 yang RZ (non-listrik) bisa sampai Rp 40 juta," kata tenaga penjualnya kepada Kompas.com, Senin (2/9/2024).

Besaran potongan harga tersebut tidak jauh berbeda dengan Ioniq 5, salah satu BEV paling laris di Indonesia sejak debutnya di tahun lalu yang mencapai Rp 20 juta.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini