News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Toyota Kartrid Hidrogen, Solusi Baterai Masa Depan Mobil Ramah Lingkungan 

Penulis: Lita Febriani
Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Toyota yang akan memperkenalkan kartrid hidrogen portabel di Jepang untuk pertama kalinya.

 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani 

TRIBUNNEWS.COM - Adopsi kendaraan listrik melambat, membuat langkah Toyota mengembangkan inovasi baru terus dilakukan. Sejumlah teknologi terbaru itu akan tampil di Japan Mobility Show Bizweek 2024.

Yang menarik atensi adalah langkah Toyota yang akan memperkenalkan kartrid hidrogen portabel di Jepang untuk pertama kalinya. 

Produsen mobil tersebut mampu mengurangi ukuran dan berat tangki hidrogen agar mudah dibawa. Hal ini bertujuan untuk menjadikan hidrogen sebagai sumber energi yang familiar dan aman yang dapat digunakan dalam berbagai situasi sehari-hari.

Baca juga: Nissan akan Fokus Produksi Mobil Hybrid di Thailand

Melansir Carscoop, kartrid hidrogen buatan Toyota memiliki sejumlah kegunaan, seperti menyalakan sel bahan bakar untuk menghasilkan listrik atau untuk memasak dengan membakar gas hidrogen.

Khusus untuk memasak, Toyota bekerja sama dengan Rinnai Corporation untuk mengembangkan kompor bertenaga hidrogen. Yang lebih menarik, Toyota menyebut kartrid hidrogen dapat digunakan seperti baterai AA raksasa.

Perusahaan juga tampaknya melihat kartrid hidrogen portabel sebagai cara untuk memberi daya pada bangunan dan pos terdepan di daerah terpencil.

Selain kartrid, Toyota akan memamerkan mobil balap GR Corolla bertenaga hidrogen mereka. Mobil tersebut telah berkompetisi dalam balapan ketahanan sejak tahun 2023.

Terakhir, produsen mobil tersebut akan memamerkan sistem penyimpanan energi menyeluruh yang menggunakan baterai, diambil dari kendaraan listrik yang sudah tidak digunakan lagi.

Toyota mengatakan berbagai jenis baterai bekas dengan tingkat kerusakan yang berbeda dapat digunakan kembali untuk memaksimalkan kapasitas penyimpanan energi yang tersisa pada setiap baterai.

Baterai tersebut akan berkontribusi pada pasokan listrik yang stabil dan penyebaran energi terbarukan yang dikombinasikan dengan tenaga surya, angin, dan sistem pembangkit listrik energi terbarukan lainnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini