News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pendaftaran UTBK Dibuka Hari Ini, Perhatikan Tahapan dan Biaya Tesnya, Jadi Syarat Ikut SBMPTN 2019

Editor: widi henaldi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi SBMPTN

Pendaftaran UTBK Dibuka Hari Ini, Simak Tahapan dan Biaya Tesnya, Jadi Syarat Ikut SBMPTN 2019

TRIBUNNEWS.COM -- Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer ( UTBK) dibuka hari ini, 1 Maret 2019.

Tes UTBK sendiri adalah ujian yang dirancang untuk memprediksi calon mahasiswa yang mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu.

Selain itu, UTBK juga bertujuan untuk memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mengikuti tes secara fleksibel dalam memilih waktu dan lokasi tes.

Dilansir dari laman resmi ristekdikti, ltmpt.ac.id , UTBK menggunakan soal-soal ujian yang dirancang sesuai kaidah akademik untuk memprediksi keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi.

Tes UTBK terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) yang sesuai dengan kelompok ujian setiap peserta ujian.

TPS mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi.

Kemampuan ini meliputi kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.

TKA mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan seseorang agar dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi.

TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten mata pelajaran yang dipelajari di sekolah. Penekanan tes pada Higher Order Thinking Skills ( HOTS).

• Kompak dengan Syahrini, Reino Barack Pamer Suasana Tempat Akad Nikah, Adik Ipar Beri Respon Begini

BACA SELENGKAPNYA =====>>>

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini