News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Indonesia Penyumbang Mahasiswa Internasional Terbanyak ke-3 di Taiwan

Editor: Eko Sutriyanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presentasi tentang pendidikan di Taiwan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Departemen Internasional dan Lintas Selat, Kementerian Pendidikan Taiwan Nicole Lee selakuĀ  tahun akademik 2020, Indonesia menjadi negara ketiga terbanyak sebagai penyumbang mahasiswa internasional di Taiwan.

Saat ini jumlah mahasiswa internasional mencapai 13.000 orang, dan hampir 70% di antaranya merupakan pelajar yang mengambil program bergelar S1, S2, maupun S3.

"Pemerintah Taiwan juga memberikan kesempatan kepada para dosen di Indonesia untuk melanjutkan studinya di Taiwan melalui skema beasiswa Elite Study In Taiwan (ESIT) yang khusus diberikan kepada mereka yang berlatarbelakang dosen di berbagai perguruan tinggi di Indonesia," kata Nicole Lee saat acara pameran Pendidikan secara virtual bagi pelajar-pelajar Indonesia belum lama ini.

Prof. Yinghuei Chen, Dekan International College, Asia University Taiwan mengatakan, pandemi Covid-19 ini sangat memberikan dampak dalam penurunan jumlah pelajar asing di Taiwan.

Namun, khusus pelajar dari Indonesia, jumlahnya tidak berkurang secara drastis.

Ini berbeda dengan jumlah pelajar-pelajar asing dari negara lainnya yang mengalami penurunan yang sangat signifikan.

Menurut Yinghuei, jumlah pelajar Indonesia di Taiwan hanya menurun sekitar 1000 orang saja.

Baca juga: Menaker Ida Minta Penjelasan Taiwan Soal Kebijakan Penempatan PMI

Masih tetap tingginya jumlah pelajar Indonesia yang studi ke Taiwan, menurutnya karena ada beberapa hal.

"Yang pertama karena kualitas perguruan tinggi di Taiwan yang berhasil menembus ranking-ranking dunia," katanya.

Yang kedua karena besarnya dukungan bagi para pelajar Indonesia dalam menempuh studi di Taiwan melalui pemberian beasiswa, penyediaan infrastruktur yang lengkap, hingga kemudahan akses transportasi.

Ini semua menjadi salah satu factor krusial yang menarik banyak pelajar dari Indonesia untuk melanjutkan studinya di Taiwan.

Duta Besar John C. Chen, Kepala representative TETO Indonesia, menceritakan tentang bagaimana upaya pemerintah Taiwan dalam menanggulangi wabah Covid-19 secara maksimal.

Keseriusan ini membuahkan hasil yang maksimal sehingga para pelajar lokal dan asing bisa tetap melakukan perkuliahan tatap muka secara normal tanpa kendala.

Baca juga: 3 Mahasiswa Korban Terseret Air Bah di Kawasan Obyek Wisata Air Terjun Ditemukan Tak Bernyawa

John juga menyebutkan bahwa banyak pelajar-pelajar Taiwan yang sebelumnya sedang studi di berbagai perguruan tinggi di Amerika Serikat, pulang ke Taiwan dan melanjutkan studinya di Taiwan.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini