News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

SBMPTN 2022

Pendaftaran UTBK-SBMPTN Dibuka 23 Maret 2022, Cek Persyaratan dan Tahapan Ikut Ujian SBMPTN

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Nuryanti
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Sejumlah peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Rawamangun, Jakarta Timur, Senin (12/4/2021). Pendaftaran UTBK-SBMPTN dibuka 23 Maret 2022, cek persyaratan dan tahapan mengikut ujiannya.

TRIBUNNEWS.COM - Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2022 dilaksanakan pada 23 Maret hingga 15 April 2022.

UTBK SBMPTN 2022 dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2020, 2021, dan 2022 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK dan sederajat), serta lulusan Paket C tahun 2020, 2021, dan 2022 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2022), dikutip dari ltmpt.ac.id.

Penerimaan mahasiswa baru melalui SBMPTN berdasarkan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain (yang ditetapkan bersama oleh PTN).

Setiap PTN menyediakan kuota prodi dari jalur SBMPTN yang berbeda-beda, maka siswa harus mempersiapkan diri dan menentukan PTN mana yang akan dipilih.

Berikut ini materi UTBK-SBMPTN yang akan diujikan, dikutip dari LTMPT

Baca juga: Cara Bayar UTBK SBMPTN 2022 di ATM dan Mobile Banking: Mandiri, BNI dan BTN

Materi UTBK-SBMPTN

Sejumlah peserta saat mengikuti ujian tulis berbasis komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Selasa (8/5/2018). (Tribunnews/JEPRIMA)

1. Tes Potensi Skolastik (TPA)

TPS mengukur Kemampuan Kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi.

TPS menguji Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis.

Kemampuan kuantitatif mencakup Pengetahuan dan Penguasaaan Matematika Dasar.

2. Tes Kemampuan Bahasa Inggris

Mengukur kemampuan Bahasa inggris yang diperlukan untuk mendukung pembelajaran di perguruan tinggi.

3. Tes Kemampuan Akademik (TKA)

Mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan agar berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini