News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Membangun Nilai Persahabatan dan Karakter Generasi Z Melalui Youth Summer Experience

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

SMP dan SMA Sekolah Citra Kasih-Sekolah Citra Berkat (SCK-SCB) berupaya menanamkan nilai persahabatan dan karakter kepada Gen-Z melalui Youth Summer Experience (YSE).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gen-Z atau generasi Z mempunyai jumlah terbanyak (27,94 % ) di dalam demografi penduduk Indonesia berdasarkan sensus penduduk pada tahun 2020.

SMP dan SMA Sekolah Citra Kasih-Sekolah Citra Berkat (SCK-SCB) berupaya menanamkan nilai persahabatan dan karakter kepada Gen-Z melalui Youth Summer Experience (YSE).

"YSE merupakan kegiatan yang diadakan pada waktu liburan sekolah dengan tujuan agar nara-didik dapat mempelajari keahlian hidup dan juga karakter," ujar Teaching, Learning, and Curricullum (TLC), Sekolah Citra Kasih Adrianus Yosia melalui keterangan tertulis, Minggu (15/5/2022).

YSE pada tahun ini akan dilaksakan pada tanggal 20-24 Juni 2022 di Yogyakarta dengan tema Warrior’s Challenge.

Lewat acara ini, peserta akan diajak untuk melihat bahwa dirinya adalah seorang kesatria yang sedang menghadapi belantara kehidupan yang tentunya menjadi tantangan bagi mereka.

Baca juga: Growth Mindset Lahirkan Generasi Muda yang Tangguh

"Sebagai seorang kesatria, peserta akan ditantang untuk menghidupi nilai-nilai yang menjadi ciri khas dari kesatria di tengah-tengah tantangan, yakni keberanian, kejujuran, antusiasme, dan juga disiplin," jelas Adrianus.

Dirinya berharap para peserta tidak hanya mempelajari kebajikan-kebajikan di atas, namun juga keahlian hidup.

Keahlian hidup yang ingin dituju, diwujudnyatakan ketika nara-didik bercengkrama dengan tokoh publik, pedagang lokal, ataupun warga desa yang menjadi bagian dari komunitas yang akan dituju.

"Pertemanan peer to peer juga diharapkan dapat tercipta ketika secara berkelompok melaksanakan kegiatan bersama," kata Adrianus.

"Di dalam kebersamaan inilah harapannya setiap nara-didik juga dapat belajar kekurangan sekaligus kelebihan di dalam komunitas," tambah Adrianus.

Melalui program ini, diharapkan Gen-Z dapat menjaga pertemanan dan juga belajar bersosialisasi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini