TRIBUNNEWS.COM - Berikut contoh soal Penilaian Tengah Semester (PTS) atau Ujian Tengah Semester (UTS) kelas 9 Bahasa Indonesia, semester 2.
Contoh soal PTS, UTS kelas 9 SMP Bahasa Indonesia ini terdiri dari 15 soal pilihan ganda dan 5 esai.
Pada contoh soal PTS, UTS kelas 9 Bahasa Indonesia juga dilengkapi dengan kunci jawaban.
Soal dan kunci jawaban PTS, UTS kelas 9 Bahasa Indonesia ini hanya untuk panduan orang tua dalam memandu proses belajar anak.
Diharapkan siswa dapat mengerjakan soal PTS, UTS kelas 9 Bahasa Indonesia ini terlebih dahulu sebelum menengok kunci jawabannya.
Baca juga: Soal PTS, UTS Kelas 2 PJOK Semester 2: Pilihan Ganda dan Esai, Lengkap dengan Kunci Jawaban
A. Soal pilihan ganda
Kutipan teks diskusi berikut untuk soal nomor 1-4
Pada era globalisasi ini, game online semakin marak di kalangan masyarakat. Peminatnya berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja, dan bahkan hingga dewasa, terutama pelajar. Kini, game online semakin mudah ditemukan dan banyak macamnya. Sebagian besar masyarakat menggemarinya. Apalagi, kini banyak warnet yang menyediakan game online dengan harga yang cukup murah. Membuat peminat game online terus meningkat hingga sekarang.
Sebagian besar masyarakat menganggap bahwa game online memberikan dampak negatif bagi para pemainnya. Namun, ada juga yang menganggap bahwa bermain game online akan berdampak positif. Game online merupakan suatu aktivitas untuk refreshing. Dengan game online anak yang baru pulang dari sekolah dapat menghilangkan rasa jenuh setelah berjam-jam memikirkan pelajaran. Mereka bisa melepaskan kelelahan sambil bermain game online, yang digemarinya. Selain itu, bermain game online dapat meningkatkan kreativitas sang anak.
1.Paragraf pertama kutipan teks tersebut disebut bagian...
A. isu masalah
B. Argumen
C. Isi
D. Simpulan
Jawaban: A
2. Topik masalah dalam kutipan teks tersebut adalah....
A. penggemar game online
B. maraknya game online
C. manfaat game online
D. dampak game online
Jawaban: B
3. Makna kata kreativitas pada paragraf kedua adalah....
A ketangkasan
B. Kecerdasan
C. daya cipta
D. akal manusia
Jawaban: C
4. Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf kedua adalah....
A. Bisnis game online sangat menguntungkan masyarakat.
B. Game online meningkatkan kreativitas anak.
C. Game online membuat anak menjadi pemalas.
D. Game online merupakan dampak globalisasi.
Jawaban: B
Bacalah kutipan berikut kemudian pilihlah jawaban yang tepat!
Alasan yang pertama, kita pasti sudah mengetahui jika lulusan SMK lebih mudah dan lebih siap untuk bekerja jika dibandingkan dengan lulusan SMA. Karena di SMK siswa tidak hanya diajari teoretik yang mendalam sesuai jurusannya saja, melainkan di sana siswa juga dibekali dengan kemampuan praktik yang sangat menambah pengalaman dan memberikan gambaran nyata tentang dunia kerja. Sebagaimana yang sering kita dengar atau lihat, siswa SMK sering melaksanakan PKL (Praktik Kerja Lapangan) atau yang biasa disebut dengan istilah “magang”. Saya sepakat dengan hal ini karena pada SMA, siswa lebih banyak belajar teori secara mendalam, sehingga lulusan SMA harus berkuliah dulu jika ingin mendapatkan pekerjaan.
5. Kutipan tersebut merupakan bagian teks tanggapan ….
A. Evaluasi
B. Deskripsi
C. penegasan ulang
D. Kesimpulan
Jawaban: A
6. Bacalah kutipan berikut kemudian pilihlah jawaban yang tepat!
Internet memberikan dampak negatif yang tidak sedikit bagi pelajar.
Internet menyediakan situs yang isinya tidak pantas untuk dilihat oleh pelajar terutama pelajar SD dan SMP Informasi pada kutipan tersebut termasuk….
A. Sanggahan
B. Kritik
C. Pujian
D. Evaluasi
Jawaban: B
Kutipan teks diskusi berikut untuk nomor 7-10
Sebagian besar peminat game online berasal dari kalangan pelajar. Bagi kalangan pelajar, game online memiliki beberapa dampak salah satunya menyebabkan kecanduan. Jika sudah ketagihan, mereka akan berusaha mendapatkan skor terbanyak dan mencapai level tertinggi. Dampak lain adalah lupa waktu untuk melakukan aktivitas lain, seperti belajar, makan, mandi, dan beribadah.
Perkembangan game online memiliki dampak positif dan negatif. Dampak yang dirasakan ini tergantung dari pemainnya. Orang tua disarankan utuk melakukan tindakan yang dapat mencegah dampak negatif dari internet, khususnya game online. Para orang tua harus bekerja sama dengan guru untuk turut memantau perkembangan anaknya ketika di sekolah.
7. Konjungsi yang memiliki makna 'pengandaian' pada kutipan tersebut adalah....
A. Jika
B. Dan
C. Dengan
D. Ketika
Jawaban: A
8. Paragraf pertama kutipan teks tersebut memiliki ide pokok....
A. peminat game online
B. dampak negatif game online
C. perkembangan game online
D. game online sebabkan kecanduan
Jawaban: B
9. Isi paragraf kedua pada kutipan teks diskusi tersebut disebut bagian .....
A. isu masalah
B. argumen mendukung
C. argumen menentang
D. Simpulan
Jawaban: D
10. Pendapat yang sesuai dengan isi paragraf kedua adalah....
A. Sebaiknya, orang tua membatasi anak bermain game online.
B. Alangkah baiknya, orang tua membatasi jumlah uang saku anak.
C. Seharusnya, guru memberikan sanksi bagi anak yang bermain game online.
D. Sebaiknya, orang tua melarang anak keluar rumah setelah pulang sekolah.
Jawaban: B
Kutipan teks diskusi berikut untuk soal nomor 11-14.
Pada era globalisasi ini, game online semakin marak di kalangan masyarakat. Peminatnya berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja, dan bahkan hingga dewasa, terutama pelajar. Kini, game online semakin mudah ditemukan dan banyak macamnya. Sebagian besar masyarakat menggemarinya. Apalagi, kini banyak warnet yang menyediakan game online dengan harga yang cukup murah. Membuat peminat game online terus meningkat hingga sekarang.
Sebagian besar masyarakat menganggap bahwa game online memberikan dampak negatif bagi para pemainnya. Namun, ada juga yang menganggap bahwa bermain game online akan berdampak positif. Game online merupakan suatu aktivitas untuk refreshing. Dengan game online anak yang baru pulang dari sekolah dapat menghilangkan rasa jenuh setelah berjam-jam memikirkan pelajaran. Mereka bisa melepaskan kelelahan sambil bermain game online, yang digemarinya. Selain itu, bermain game online dapat meningkatkan kreativitas sang anak.
11. Paragraf pertama kutipan teks tersebut disebut bagian....
A. isu masalah
B. argumen
C. isi
D. simpulan
Jawaban: A
12. Topik masalah dalam kutipan teks tersebut adalah....
A. penggemar game online
B. maraknya game online
C. manfaat game online
D. dampak game online
Jawaban: B
14. Makna kata kreativitas pada paragraf kedua adalah....
A ketangkasan
B. kecerdasan
C. daya cipta
D. akal manusia
Jawaban: C
14. Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf kedua adalah....
A. Bisnis game online sangat menguntungkan masyarakat.
B. Game online meningkatkan kreativitas anak.
C. Game online membuat anak menjadi pemalas.
D. Game online merupakan dampak globalisasi.
Jawaban: B
15. Perhatikan susunan tak berarturan dari kalimat-kalimat di bawah ini :
C. Santi mengawali harinya dengan bangun pukul 04.00 wib untuk bersiap-siap shalat subuh.
D. Setelah itu ia mulai membantu ibunya di dapur.
A. Setelah menyelesaikan urusan dapur, ia mandi dan bersiap-siap menuju ke sekolah.
B. Sesampainya di sekolah, Santi belajar bersama rekan-rekan sekelasnya.
Susunan yang tepat pada kalimat-kalimat di atas sehingga menjadi satu paragraf yang padu adalah...
A. a-b-c-d
B. b-c-d-a
C. c-d-a-b
D. a-d-c-b
E. c-d-a-b
Jawaban: D
B. Esai
1. Buku yang berisi kumpulan cerpen disebut dengan istilah….
Jawaban: Antologi cerpen
2. Tokoh yang mengemban amanat untuk menyampaikan gagasan pengarang, termasuk kategori tokoh….
Jawaban: Protagonis
3. Gagasan pikiran yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca disebut….
Jawaban: Tema
4. Informasi yang tidak disebutkan secara langsung oleh penuturnya, disebut sebagai informasi….
Jawaban: Tersirat
5. Kalimat yang menyatakan suatu gagasan secara eksplisit, merupakan pengertian dari kalimat….
Jawaban: Lugas
(Tribunnews.com/Pondra Puger)