News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kurikulum Merdeka

Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Halaman 242 243 244 Kurikulum Merdeka: Aktivitas PLB-K7-01

Penulis: Arif Fajar Nasucha
Editor: Pravitri Retno W
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Soal Informatika Kelas 7 Halaman 242 243 244. Berikut kunci jawaban Informatika Kelas 7 SMP/MTs halaman 242-244 Kurikulum Merdeka Aktivitas PLB-K7-01: Bermain-main dengan Sirkuit dan Makey Makey.

TRIBUNNEWS.COM - Berikut kunci jawaban Informatika Kelas 7 SMP/MTs halaman 242, 243, dan 244 Kurikulum Merdeka.

Pada buku Informatika Kelas 7 Kurikulum Merdeka halaman 242, 243, dan 244 memuat Aktivitas PLB-K7-01: Bermain-main dengan Sirkuit dan Makey Makey dalam Kelompok.

Adapun pada Aktivitas PLB-K7-01, siswa akan bermain dengan rangkaian elektronis dan Makey Makey.

Selain itu siswa juga diminta untuk mendiskusikan beberapa pertanyaan berdasarkan apa yang telah dipraktikkan.

Di antaranya Apa yang terjadi sehingga lampu menyala? dan Mengapa ketika ditekan lampu menyala dan ketika dilepas lampu jadi padam?

Acuan artikel ini yakni Buku Informatika SMP Kelas VII oleh Maresha Caroline Wijanto dkk, yang diterbitkan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kemendikbudristek.

Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Halaman 242-244

Aktivitas Kelompok

Aktivitas PLB-K7-01: Bermain-main dengan Sirkuit dan Makey Makey dalam Kelompok

Aktivitas ini ialah aktivitas pemanasan untuk bermain dengan rangkaian elektronis dan Makey Makey.

Apa yang Kalian Perlukan?
1. Papan sirkuit elektronis Makey Makey
2. Kabel dan klip buaya
3. Copper Tape (pita tempel dari bahan tembaga), jika tidak ada digantikan
bisa diganti kabel tembaga
4. Karton
5. Lampu Led Dioda Kecil
6. Baterai bulat 3.6 V
7. Aluminium foil

Apa yang Kalian Lakukan?

1. Buatlah template dari karton untuk rangkaian elektronis berikut, dan rangkailah.
2. Tempelkan copper tape pada sepanjang garis yang telah disediakan di template/karton.
3. Lekatkan lampu led diode pada jalur copper tape, tanda (+) untuk kaki panjang led dan tanda (-) untuk kaki pendek led.
4. Letakkan baterai pada pola bulat, tanda + disesuaikan dengan sisi + baterai.
5. Lipat karton sesuai dengan tanda lipatan, tekan lipatan, dan lampu led akan menyala.
6. Mainkan lipatan karton dengan menekan dan melepas lipatan dan lampu led akan menyala dan padam.

Gambar pada Aktivitas PLB-K7-01 (Buku Informatika Kelas 7)

Apa yang Perlu Kalian Diskusikan?
1. Apa yang terjadi sehingga lampu menyala?
2. Mengapa ketika ditekan lampu menyala dan ketika dilepas lampu jadi padam?

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini