News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pendidikan Guru Penggerak

Jawaban PGP: Pilihlah Dua Kotak yang Berisi Pernyataan atau Hasil Penelitian yang Paling Menarik

Penulis: Sri Juliati
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Jawaban PGP Eksplorasi Konsep Modul 1.4 Budaya Positif: Pilihlah dua kotak yang berisi pernyataan atau hasil penelitian yang paling menarik atau menantang untuk Anda. Tuliskan tanggapan Anda terhadap pernyataan/hasil penelitian yang Anda pilih tersebut, kemudian berilah minimal 2 tanggapan atas jawaban/tanggapan rekan Anda.

TRIBUNNEWS.COM - Simak jawaban dari pertanyaan: "Pilihlah dua kotak yang berisi pernyataan atau hasil penelitian yang paling menarik atau menantang untuk Anda. Tuliskan tanggapan Anda terhadap pernyataan/hasil penelitian yang Anda pilih tersebut, kemudian berilah minimal 2 tanggapan atas jawaban/tanggapan rekan Anda."

Pertanyaan di atas muncul dalam Aktivitas Pembelajaran 1.4.f.2. Teori Motivasi, Hukuman dan Penghargaan, Restitusi Tugas 2.2 (7) untuk materi Eksplorasi Konsep - Modul 1.4 di lms.guru.kemdikbud.go.id.

Jawaban di bawah ini dapat menjadi referensi atau panduan bapak/ibu guru calon guru penggerak (CGP) saat menjawab pertanyaan tersebut saat mengikuti Pendidikan Guru Penggerak (PGP).

Eksplorasi Konsep - Modul 1.4

1.4.f.2. Teori Motivasi, Hukuman dan Penghargaan, Restitusi

Tugas 2.2 (7)

Bacalah kedelapan pembahasan tentang 'Dihukum oleh Penghargaan' yang dirangkum ke dalam kotak-kotak di atas. Rangkuman ini berisi pernyataan-pernyataan atau hasil penelitian yang dikumpulkan oleh pakar pendidikan Alfie Kohn.

Pilihlah dua kotak yang berisi pernyataan atau hasil penelitian yang paling menarik atau menantang untuk Anda. Tuliskan tanggapan Anda terhadap pernyataan/hasil penelitian yang Anda pilih tersebut, kemudian berilah minimal 2 tanggapan atas jawaban/tanggapan rekan Anda.

Jawaban:

Pernyataan 1: "Penghargaan bisa mengurangi motivasi intrinsik".

Tanggapan: Penghargaan ini dapat mengurangi motivasi intrinsik karena fokus bergeser dari kesenangan aktivitas itu sendiri ke hadiah yang diberikan. Penting bagi guru untuk memupuk minat alami murid dalam belajar untuk mengatasi hal ini.

Pernyataan 2: "Penghargaan dapat merusak hubungan".

Tanggapan: Pemberian penghargaan bisa merusak hubungan antara guru dan murid serta antara murid. Hal ini bisa menyebabkan persaingan di antara murid dan membuat hubungan menjadi transaksional. Membangun hubungan yang mendukung dan kolaboratif adalah kunci untuk menghindari hal ini.

Baca juga: Nilai-nilai Kebajikan Apa yang Anda Rasakan Penting untuk Ditanamkan pada Murid? Jawaban Modul 1.4

Alternatif Jawaban:

Saya memilih dua kotak "Penghargaan menurunkan kualitas dan Penghargaan hukum."

Penjelasan untuk Penghargaan Menurunkan Kualitas: Terdapat studi yang mengatakan, memberikan penghargaan berlebihan kepada seseorang dalam konteks pekerjaan atau prestasi dapat menurunkan kualitas hasil kerja mereka. Sebab jika tidak lagi mendapatkan penghargaan atau reward, kemungkinan dia tidak tidak seproduktif sebelumnya.

Hal ini dapat menjadi menarik karena seringkali kita menganggap penghargaan sebagai motivasi positif. Namun penelitian ini menunjukkan, terlalu banyak penghargaan bisa memiliki dampak yang tidak diinginkan.

Menurut pandangan saya, hal ini dapat berhubungan dengan teori psikologi yang menyebutkan, terlalu banyak tekanan positif dapat membuat seseorang merasa tidak nyaman atau bahkan stres. Mungkin perlu ada batasan optimal dalam memberikan penghargaan agar tetap efektif tanpa mengurangi kualitas kinerja seseorang.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini