News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kurikulum Merdeka

Kunci Jawaban IPS Kelas 8 SMP Halaman 85 Kurikulum Merdeka: Sumber Daya Alam

Penulis: Faisal Mohay
Editor: Nanda Lusiana Saputri
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kunci Jawaban IPS Kelas 8 SMP Halaman 85 Kurikulum Merdeka

TRIBUNNEWS.COM - Berikut kunci jawaban mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 8 SMP/MTS halaman 85 Kurikulum Merdeka.

Pada materi pembahasan mata pelajaran IPS kelas 8 SMP halaman 85, siswa akan membahas potensi sumber daya alam yang dapat mendorong perdagangan antar pulau di wiayah Indonesia.

Sebelum mengerjakan, siswa diminta mengulas kembali terkait sumber daya alam di Indonesia.

Mengacu materi tersebut, siswa akan mengerjakan latihan soal yang ada pada halaman 85 dalam kolom Aktivitas Individu.

Kunci jawaban IPS kelas 8 SMP halaman 85 Kurikulum Merdeka:

Lengkapilah tabel di bawah ini berkaitan dengan potensi sumber daya alam yang dapat mendorong perdagangan antar pulau di wiayah Indonesia!

Kunci Jawaban IPS Kelas 8 SMP Halaman 85

Sumatra

Sumatra memiliki potensi besar dalam sumber daya alam, termasuk minyak dan gas, batu bara, kayu, rempah-rempah, dan produk pertanian. Hutan tropisnya kaya akan keanekaragaman hayati dan juga berperan penting dalam penyimpanan karbon. Selain itu, potensi energi terbarukan, seperti energi panas bumi dan hidro, semakin menarik perhatian.

Jawa

Jawa memiliki potensi sumber daya alam yang meliputi pertanian subur, mineral seperti batu bara dan emas, serta energi terbarukan seperti tenaga air dan panas bumi. Selain itu, pulau ini juga kaya akan sumber daya laut dan hutan yang mendukung keanekaragaman hayati.

Baca juga: Kunci Jawaban IPS Kelas 8 SMP Halaman 68 Kurikulum Merdeka: Perbedaan Cuaca dan Iklim

Kalimantan

Kalimantan kaya akan sumber daya alam, termasuk minyak dan gas, batu bara, serta kayu dari hutan tropisnya. Selain itu, pulau ini memiliki potensi besar untuk energi terbarukan, seperti energi biomassa dan hidro, serta hasil tambang seperti nikel dan bauksit.

Sulawesi

Sulawesi memiliki potensi sumber daya alam yang meliputi mineral seperti nikel, tembaga, dan emas, serta hasil pertanian seperti kelapa dan kakao. Selain itu, pulau ini juga kaya akan hasil laut dan memiliki potensi energi terbarukan, terutama dari hidro dan panas bumi.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini