News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pendidikan Profesi Guru

Kunci Jawaban Cerita Reflektif Modul 2 Topik 2 PSE: Apa dan Bagaimana Menerapkannya, PPG 2024

Penulis: Sri Juliati
Editor: Nanda Lusiana Saputri
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Simak kunci jawaban cerita reflektif dalam modul 2 topik 2 tentang Pembelajaran Sosial Emosional (PSE): Apa dan Bagaimana Menerapkannya di PMM.

TRIBUNNEWS.COM - Inilah kunci jawaban cerita reflektif dalam Modul 2 Topik 2 Pembelajaran Sosial Emosional (PSE) topik Apa dan Bagaimana Menerapkannya? dalam PPG 2024.

Dalam Modul 2 Topik 2 PPG 2024, para guru diminta mengisi cerita reflektif modul 2 topik 2 topik PSE: Apa dan Bagaimana Menerapkannya? minimal 50 karakter.

Cerita Reflektif Modul 2 Topik 2 PSE diawali dengan pertanyaan: Sekarang, kami ingin Bapak/Ibu menceritakan pengalaman saat berlatih salah satu keterampilan sosial emosional. Apa yang Bapak/Ibu rasakan saat melakukan latihan tersebut? Pikirkan, strategi dalam mengimplementasi PSE ke dalam pembelajaran di kelas. Seperti apakah praktek pembukaan pembelajaran yang hangat, kegiatan belajar yang menantang dan berpusat kepada peserta didik, dan penutupan yang optimistik terlihat?

Pertanyaan dalam cerita reflektif Modul 2 Topik 2 PPG 2024 muncul di Platform Merdeka Mengajar (PMM) saat para guru mengikuti pelatihan PPG Guru Tertentu Dalam Jabatan 2024.

Bapak/ibu guru dapat menggunakan kunci jawaban di bawah ini sebagai referensi untuk menjawab cerita reflektif dalam Modul 2 Topik 2 PPG 2024.

Selengkapnya, inilah kunci jawaban cerita reflektif dalam modul 2 topik 2 tentang PSE: Apa dan Bagaimana Menerapkannya.

Cerita Reflektif Modul 2 Topik 2 PSE: Apa dan Bagaimana Menerapkannya

Pertanyaan: Sekarang, kami ingin Bapak/Ibu menceritakan pengalaman saat berlatih salah satu keterampilan sosial emosional. Apa yang Bapak/Ibu rasakan saat melakukan latihan tersebut? Pikirkan, strategi dalam mengimplementasi PSE ke dalam pembelajaran di kelas. Seperti apakah praktek pembukaan pembelajaran yang hangat, kegiatan belajar yang menantang dan berpusat kepada peserta didik, dan penutupan yang optimistik terlihat?

Contoh Jawaban:

Saat saya berlatih keterampilan sosial emosional, salah satu pengalaman yang paling berkesan adalah saat berlatih kesadaran diri (self-awareness). Latihan ini melibatkan refeksi mendalam tentang emosi yang saya rasakan dalam situasi tertentu, bagaimana emosi tersebut memengaruhi reaksi saya, dan apa yang menjadi pemicunya.

Dalam latihan ini, saya diajak untuk jujur dengan diri sendiri mengenai perasaan saya, terutama dalam situasi yang menantang, seperti ketika menghadapi siswa yang sulit atau saat tekanan dari tuntutan pekerjaan meningkat. 

Awalnya, saya merasa sedikit tidak nyaman, karena biasanya sebagai guru, kita cenderung lebih fokus pada kebutuhan siswa daripada diri sendiri. Namun, seiring berjalannya waktu, saya mulai merasakan manfaat besar dari latihan ini. 

Saya menjadi lebih tenang dan terkendali, serta mampu menanggapi situasi dengan cara yang lebih bijaksana. Ini juga membuat saya lebih empatik baik terhadap diri sendiri maupun terhadap siswa. Sebab saya lebih memahami pentingnya mengelola emosi dengan baik.

Baca juga: Kunci Jawaban Modul 2 Topik 2 PPG, Pembelajaran Sosial Emosional: Apa dan Bagaimana Menerapkannya?

Strategi Implementasi PSE di Kelas:

1. Pembukaan Pembelajaran yang Hangat

Saya memulai kelas dengan sapaan hangat dan memberikan waktu singkat bagi siswa untuk berbagi perasaan mereka pada hari itu. Misalnya, menggunakan "emotion check-in" di mana siswa memilih emotikon yang menggambarkan perasaan mereka. Ini membantu siswa merasa dilibatkan dan dihargai dari awal.

2. Kegiatan Belajar yang Menantang dan Berpusat pada Peserta Didik

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini