News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kurikulum Merdeka

Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 276 Kurikulum Merdeka, Uji Kompetensi Nomor 33-37

Penulis: Widya Lisfianti
Editor: Bobby Wiratama
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Berikut kunci jawaban Matematika Kelas 9 halaman 276 Kurikulum Merdeka. Uji Kompetensi nomor 33-37.

TRIBUNNEWS.COM - Berikut kunci jawaban Matematika Kelas 9 halaman 276 Kurikulum Merdeka.

Halaman tersebut, terdapat pada Bab 4 yang berjudul Peluang dan Pemilihan Sampel.

Pada halaman 276, siswa diminta untuk mengerjakan Uji Kompetensi nomor 33-37.

Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 276 Kurikulum Merdeka

Uji Kompetensi 

Penalaran

33. Empat anak memiliki tinggi badan 155 cm, 140 cm, 161 cm, dan 144 cm. Jika dari empat anak tersebut dipilih tiga anak sekaligus secara acak, tentukan peluang diperoleh anak-anak dengan ratarata tinggi badannya lebih dari 152 cm. Jelaskan alasannya!

Jawaban: Peluangnya ¼ atau 0,25.

34. Teman kalian melempar undi sebuah dadu sebanyak 5 kali. Di setiap pelemparannya, dia selalu mendapatkan mata dadu dua. Di lemparan keenam, kemungkinan besar dia akan mendapatkan mata dadu yang mana? Mengapa?

Jawaban: Kemungkinan besar dia akan memperoleh mata dadu dua. Ketika sebuah mata dadu dilempar undi sebanyak 5 kali dan semuanya diperoleh mata dadu dua, kemungkinan besar dadu tersebut tidak adil. Artinya, mata dadu memiliki peluang yang lebih besar daripada mata dadu-mata dadu lainnya.

35. Kalian mengikuti sebuah kuis berhadiah. Aturan kuis tersebut adalah sebagai berikut.

• Kalian diminta oleh pewara (pembawa acara) untuk memilih satu dari tiga tirai tertutup. Salah satu tirai tersebut berisi hadiah, lainnya kosong.
• Setelah kalian memilih, pewara akan membuka satu tirai kosong yang tidak kalian pilih. Dengan demikian, tinggal dua tirai tertutup.
• Setelah itu, pewara akan memberi penawaran kepada kalian untuk berganti pilihan tirai atau tetap. 
Menanggapi tawaran pewara tersebut, keputusan apa yang akan kalian pilih? Mengapa?

Jawaban: Dengan berdasarkan peluang teoretik, keputusan yang perlu dipilih adalah berganti pilihan tirai. Dengan memilih tirai awal, peluang menangnya hanya 1/3. Jika berganti tirai, peluang menangnya menjadi 2/3.

36. Putu adalah calon ketua kelas. Untuk mengetahui dukungan yang dia terima, dia bertanya kepada teman-teman sekelasnya sebelum hari pemilihan. Dia berpikir bahwa dia akan mendapatkan sampel yang representatif jika dia bertanya kepada 50 persen lebih temannya. Apakah kalian setuju? Mengapa?

Jawaban: Tidak setuju. Dengan bertanya kepada 50 persen lebih dari teman-teman sekelasnya, tidak ada jaminan bahwa dia akan mendapatkan sampel yang representatif. Sebagai contoh, misalnya saja dalam satu kelas yang terdiri dari 30 peserta didik, 12 (40 persen) di antaranya memilih Putu sebagai ketua kelas. Ketika dia bertanya kepada 16 temannya, dia mungkin saja mendapatkan bahwa 11 (68,75%) di antaranya memilihnya sebagai ketua kelas. Persentase yang diperoleh dari populasi dan sampel tersebut sangat jauh. Hal ini menunjukkan bahwa ada kemungkinan dengan menggunakan caranya, dia mendapatkan sampel yang tidak representatif.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini