News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Gelaran Bergengsi Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 Libatkan Ratusan Tenaga Kerja Lokal

Editor: Content Writer
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Alwan Hafizin seorang pedagang yang menjadi voluunter bertugas sebagai marshal pada gelaran MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 di Pertamina Mandalika International Circuit, Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat pada Jumat (27/9/2024).

TRIBUNNEWS.COM - Gelaran event bergengsi Pertamina Grand Prix of Indonesia membawa semangat baru bagi olahraga otomotif dan pariwisata Lombok. Namun, dampak baik dari gelaran ini lebih dari itu. 

Sebab, ratusan tenaga kerja lokal dengan beragam usia turut terlibat aktif dan memegang peranan penting dalam mensukseskan perhelatan internasional ini. 

Tenaga kerja lokal Lombok terlibat langsung dalam penyelenggaraan Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 dengan melaksanakan berbagai tugas, mulai dari menjadi marshal tim balap, petugas ticketing, petugas security, petugas waste management, hingga petugas hospitality. 

Masyarakat yang terlibat sangat bangga mengemban tugas tersebut. Salah satu diantaranya adalah Alwan Hafizin, seorang marshal atau petugas lapangan di area paddock sirkuit Pertamina Mandalika International Circuit. 

Dalam kesehariannya Alwan yang adalah seorang pedagang ini mengaku bangga bisa menjadi bagian dari gelaran ini, sekaligus mengaku senang karena mendapatkan tambahan penghasilan.

"Saya berterimakasih kepada Pertamina atas gelaran ini, perekonomian masyarakat menjadi terbantu, hal tersebut dirasakan manfaatnya oleh saya,” ujar Alwan.

Baca juga: Kontribusi Majukan Industri Dalam Negeri, Dirut Pertamina Dianugerahi Lifetime Achievement Awards

Selain bisa meningkatkan perekonomian, menjadi petugas di gelaran ini juga menjadi ajang dalam meningkatkan pengalaman terlibat di gelaran International, seperti halnya yang dirasakan oleh seorang mahasiswa, bernama Muhammad Rizky, yang terlibat sebagai petugas security.

"Saya masih berkuliah di semester 1, disini saya mau cari pengalaman ikut terlibat di event internasional. Kita ini sebagai tuan rumah ingin ikut berpartisipasi di ajang internasional yang diselenggarakan di rumah kita sendiri", ungkapnya. Juga kita yang remaja-remaja ini dapat penghasilan,” ungkap Rizky.

Sementara menurut Aira, salah seorang  petugas ticketing, dirinya ingin menjadikan gelaran ini sebagai ajang mencari relasi dan berkontribusi pada gelaran Internasional. Dirinya pun mengaku siap memberikan yang terbaik untuk kesuksesan gelaran ini.

"Di ajang ini kita bertemu dengan banyak orang dari seluruh negara, ini pengalaman yang berharga untuk menjalin relasi. Menjadi petugas ticketing tidak mudah, tapi saya siap, memberikan yang terbaik demi kelancaran event hingga puncaknya nanti," cerita Aira.

VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menjelaskan bahwa dampak perekonomian yang diharapkan dari gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia ini turut dapat menyentuh hingga keterlibatan tenaga kerja lokal. 

Setiap tahunnya event ini berhasil membawa masyarakat lokal Lombok untuk turut berpartisipasi aktif mensukseskan gelaran internasional ini.

“Kami berharap dengan adanya gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia ini dapat turut melibatkan tenaga kerja lokal, memberikan mereka penghasilan dan memberikan pengalaman baru. Harapannya ini akan menjadi pengalaman berharga bagi mereka dan kedepan gelaran ini menyerap lebih banyak lagi tenaga kerja,” tutup Fadjar.

Baca juga: UMKM Binaan Pertamina Jadi Daya Tarik bagi Wisatawan di Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini