News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

UMKM Binaan Pertamina Jadi Daya Tarik bagi Wisatawan di Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024

Editor: Content Writer
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pertamina Patra Niaga bersama Rumah BUMN Pertamina Lombok Timur mendukung 60 UMKM binaan Pertamina untuk memamerkan produk-produk hasil kekayaan budaya yang memikat wisatawan di Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024.

TRIBUNNEWS.COM - Rangkaian acara Pertamina Grand Prix of Indonesia telah dimulai sejak hari Jumat (27/9), dimana Pertamina Patra Niaga bersama Rumah BUMN Pertamina Lombok Timur mendukung 60 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaannya untuk memamerkan produk-produk mereka. 

Event yang berlangsung dari tanggal 27 hingga 29 September 2024 di Pertamina Mandalika International Circuit ini menampilkan kekayaan budaya dan kreativitas lokal yang memikat wisatawan.

Sebanyak 60 UMKM yang turut berpartisipasi menjadi bagian kemeriahan kegiatan Energizing You Festival ini menawarkan beragam produk, mulai dari kuliner khas Lombok hingga kerajinan tangan seperti tas, baju, dan aksesori yang menjadi souvenir menarik bagi pengunjung. 

“Kami berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan ekonomi daerah melalui partisipasi UMKM dalam acara internasional seperti ini. Dukungan ini diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan UMKM, khususnya di Lombok,” jelas Heppy Wulansari, Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga.

Heppy melanjutkan, semua UMKM yang menjual makanan telah menggunakan Bright Gas untuk memberikan kualitas masakan terbaik selama perhelatan Pertamina Grand Prix of Indonesia. 

Selain itu, penggunaan aplikasi MyPertamina memudahkan transaksi, mengoptimalkan pengalaman belanja bagi pengunjung. 

"Dengan MyPertamina, UMKM dapat mengelola penjualan secara efisien, dan pembeli juga mendapatkan harga spesial untuk setiap transaksi," tambah Heppy.

Berbagai pengunjung yang hadir, termasuk dari mancanegara, sangat antusias melihat UMKM binaan Pertamina ini. Salah satunya Susie Gait asal Inggris, ia membeli songket khas Lombok dan mengungkapkan ketertarikannya terhadap produk-produk Indonesia.

Baca juga: Pertamina Enduro VR46 Racing Team Luncurkan Livery Edisi Khusus Pertamina Grand Prix of Indonesia

”Menurut saya ini adalah ide yang sangat luar biasa untuk menghadirkan banyak booth yang menjual kerajinan dan makanan lokal, karena kami tidak melakukan hal seperti ini di British Grand Prix. Ini adalah cara yang bagus untuk memperkenalkan produk lokal kepada dunia,” kata Susie.

Salah satu pelaku UMKM binaan Pertamina Patra Niaga, Indah Lestari yang merupakan pemilik dari usaha Songket Bunga Rinjani mengaku sangat terbantu sejak bergabung sebagai mitra binaan Pertamina. Ia mengatakan, banyak sekali manfaat yang ia dapat untuk pengembangan usahanya.

”Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Pertamina atas dukungannya selama ini, apalagi kali ini saya diajak untuk berjualan di ajang internasional Pertamina Grand Prix of Indonesia. Selain meningkatkan merek saya, pendapatan selama di acara ini juga jauh meningkat,” ujar Indah.

Partisipasi UMKM binaan Pertamina tidak hanya memperkuat ekonomi lokal, tetapi juga menjadikan Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 sebagai platform untuk memperkenalkan budaya dan inovasi Indonesia kepada dunia.

VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menambahkan, sepanjang 3 tahun gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia perusahaan konsisten melibatkan UMKM unggulan binaan Pertamina. Tujuannya untuk memberikan ruang para pengusaha lokal menampilkan produknya di event kelas internasional.

"Event internasional di Lombok harus ikut diwarnai oleh produk unggulan lokal, istilahnya dari Lombok untuk Lombok. Semoga dengan keterlibatan UMKM lokal di event ini akan semakin meningkatkan pertumbuhan bisnis mereka," ungkap Fadjar.

Sebagai informasi, Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs). 

Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

Baca juga: Berkat Gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024, Omzet Pengusaha Lokal Meningkat

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini